PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ISLAMISME DI PERGURUAN TINGGI : STUDI KASUS TRANSMISI GERAKAN ISLAM DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Maulidatur (2013) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ISLAMISME DI PERGURUAN TINGGI : STUDI KASUS TRANSMISI GERAKAN ISLAM DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Secara garis besar tesis ini menjelaskan tentang bagaimana dinamika Islamisme di Perguruan Tinggi Umum dengan melihat pola hubungan PAI dan fenomena Islamisme di UNESA dan kecenderungan gerakan Islamisme di PTU dimasa mendatang. Jawaban dari perumusan masalah-masalah tersebut akan
menjelaskan keberagaman transmisi varian-varian Islamisme yang dapat berkembang di Perguruan Tinggi Umum, dan pengaruh kebijakan birokrasi kampus melalui PAI di PTU terhadap tumbuh kembangnya Islamisme di kampus
tersebut.
Fenomena PTU menjadi basis berkembanganya transmisi ideologi
Islamisme di Indonesia menarik untuk dicermati. Terutama ketika PTU-PTU di Jawa Timur juga menjadi bagian dari transmisi idelogi Islamisme. Hal ini mengingat bahwa Jawa Timur adalah basis dari dua organisasi Islam moderat
terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan NU. Oleh karena itu penelitian ini difokuskan kepada satu lokus penelitian, yaitu salah satu PTU Negeri ternama di kota Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.
Untuk menghasilkan deskripsi hasil penelitian yang obyektif, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik mikroetnografi. Data utama diperoleh dari hasil pengamatan etnografi di perkuliahan PAI di Universitas
Negeri Surabaya (UNESA) cabang Ketintang. Pengamatan ini menghasilkan gambaran jelas bagaimana proses pembelajaran PAI di kelas dan bagaimana transmisi ideologi berlangsung saat perkuliahan berlangsung. Kemudian data
sekunder dihasilkan dari wawancara subyek-subyek yang terkait dengan transmisi ideologi Islamisme di UNESA. Penggalian data primer dan sekunder menggunakan teknik Random Sampling dengan pola snow ball. Teknik ini tidak
membatasi jumlah key person, akan tetapi lebih kepada kecukupan data yang perlu digali. Untuk menganalisis data hasil pengamatan, digunakan kerangka teori “Fakta Sosial Durkheim”.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PAI di PTU beserta kebijakan-kebijakan birokrasi kampus dapat mempengaruhi perkembangan dan peta gerakan Islamisme di UNESA. Kontestasi antara PAI yang mengedepankan
moderatisme Islam dan Islamisme yang berkembang di UNESA memunculkan bentuk-bentuk resistensi dikalangan Islamisme. Resistensi Islamisme tersebut muncul dalam bentuk antara lain: 1) Metamosfosis Organisasi (KAMMI menjadi
FORMUSA), 2) Organisasi Jangkar (HTI dengan organisasinya FUMI), dan 3) Membangun dukungan personal terutama kepada pejabat birokrasi. Kemudian dari penelitian ini juga ditemukan bahwa varian-varian Islamisme di UNESA
yang paling aktif gerakannya antara lain: FORMUSA, FUMI dan HTI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, MaulidaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2015 08:10
Last Modified: 01 Apr 2015 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item