Tinjauan hukum Islam terhadap ketentuan UU No.3 Th 1982 tentang wajib daftar perusahaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azima, Siti (1996) Tinjauan hukum Islam terhadap ketentuan UU No.3 Th 1982 tentang wajib daftar perusahaan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (955kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14917

Abstract

Undang undang wajib daftar perusahaan adalah merupakan suatu peraturan yang secara jelas melandasi pengaturan dan pembinaan serta pengembangan dunia usaha di Indonesia. Pengaturan dan pembinaan serta pengembangan dunia itu sendiri pada dasarnya untuk menjamin adanya kegiatan usaha yang baik dan sehat dalam rangka mewujudkan kemakmuran masyarakat sesuai dengan amanat dalam UUD 1945. Rumusan masalah yang akan dibahas disini adalah 1). Apakah yang dimaksud dengan wajib daftar perusahaan? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap ketentuan undang undang tentang wajib daftar perusahaan khususnya pasal 32,33 dan pasal 34 dan dalam hukum islam termasuk dalam bidang apa? Dalam pembahasan ini digunakan metode diskriptif analitik yaitu mengemukakan data data tentang ketentuan undang undang wajib daftar perusahaan khususnya data tentang ancaman hukumannya pasal 32,33 dan pasal 34 kemudian dianalisa dicari jalan pemecahannya dengan menganalisa dari segi hukum islam, sehingga dapat diketahui hasilnya tentang tinjauan hukum islam terhadap ketentuan undang undang tentang wajib daftar perusahaan. Verifikatif dengan menghubungkan teori tentang dasar penetapan hukum islam khususnya dalam bidang jinayah dengan data ketentuan dalam undang undang wajib daftar perusahaan yaitu pasal 32,33 dan pasal 34. Kesimpulan dalam pembahasan ini adalah dengan wajib daftar perusahaan adalah kewajiban setiap pengusaha untuk mendaftarkan perusahaan secara resmi menurut ketentuan undang undangyang di sahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan. Islam memandang bahwa ketentuan undang undang tentang wajib daftar perusahaan yang disertai dengan ancaman hukuman bagi para pelanggarnya yaitu yang terdapat dalam pasal 32,33 dan pasal 34 UWDP adalah sesuai dengan ketentuan dalam hukum islam, ancaman hukuman dalam undang undang tersebut dalam hukum islam dapat digolongkan dalam hukuman ta'zir dimana keputusannya selalu diserahkan kepada penguasa atau pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azima, Siti--11932138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahfudz, Muhsin----
Subjects: Izin Usaha
Keywords: Hukum Islam; wajib daftar perusahaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2017 08:17
Last Modified: 11 May 2020 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14917

Actions (login required)

View Item View Item