KONSELING SPIRITUAL DALAM MENGATASI KENAKALAN SEORANG REMAJA DI SMK AGUNG MULIA KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Fathiyah (2017) KONSELING SPIRITUAL DALAM MENGATASI KENAKALAN SEORANG REMAJA DI SMK AGUNG MULIA KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) bagaimana proses konseling spiritual dalam mengatasi kenakalan seorang remaja di SMK Agung Mulia Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan? (2) bagaimana hasil konseling spiritual dalam mengatasi kenakalan seorang remaja di SMK Agung Mulia Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa data menggunakan deskriptif yaitu berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Disini penulis menjelaskan tentang bagaimana proses konseling spiritual dalam mengatasi kenakalan seorang remaja di SMK Agung Mulia yaitu salah satu siswa kelas XI jurusan TSM yang mengalami motivasi belajar yang sangat rendah, karena sering tidak masuk sekolah, sering terlambat dan mengantuk di dalam kelas. Pada dasarnya kenakalan remaja yang dialami oleh salah satu siswa kelas XI dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang timbul dari dalam dirinya sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor yang timbul dari luar seperti kondisi lingkungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa klien mengalami motivasi belajar sangat rendah yang dipengaruhi oleh faktor internal yaitu keinginan yang timbul dari dirinya sendiri tanpa ada paksaan dari siapapun untuk melakukan penyimpangan disekolah dan faktor eksternalnya berupa salah pergaulan dengan teman sepermainannya yang mengakibatkan klien memiliki kebiasaan yang buruk. Karena sulit berkonsentrasi atau fokus ketika di dalam kelas dan kurangnya tindakan tegas dari orangtua, maka dampaknya klien sering bolos sekolah, terlambat ke sekolah dan mengantuk di dalam kelas. Pada proses konseling dengan menggunakan pendekatan konseling spiritual, konselor hanya memberikan motivasi melalui pertanyaan-pertanyaan yang membuat klien menyadari bahwa selama ini perilakunya salah. Selain itu konselor mengajak klien untuk mengaji ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sikapnya selama ini yang tidak bersungguh-sungguh menuntut ilmu. Setelah dilakukannya proses konseling spiritual dengan menggunakan metode membaca Al-Qur’an serta mengetahui maknanya klien mulai menyadari bahwa perilakunya selama ini sangat merugikan dirinya sendiri. Klien mengatakan bahwa dirinya ingin berubah dan meninggalkan kebiasaan buruknya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling spiritual dalam mengatasi kenakalan seorang remaja yang dialami oleh salah satu siswa kelas XI jurusan TSM. Dan hasil akhir dari proses konseling ini dapat dikatakan cukup berhasil karena separuh dari gejala yang dialami mulai ada perubahan yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Fathiyahfathiyah492@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fathiyah Nur
Date Deposited: 02 Feb 2017 03:19
Last Modified: 02 Feb 2017 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14950

Actions (login required)

View Item View Item