Tradisi kawin lari masyarakat muslim di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibrahim, Ahmad Izzat (2016) Tradisi kawin lari masyarakat muslim di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ahmad Izzat Ibrahim_A02211033 ok.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian antropologi tentang tradisi kawin lari Di Desa Bayan Kec. Bayan Kab. Lombok Utara. Adapun pokok permasalahan atau inti tulisan ini menjawab dua permasalahan berikut: (1) Bagaimana Pelaksanaan Tradisi Kawin Lari Di Desa Bayan Kec. Bayan Kab. Lombok Utara? (2) Nilai Islam Apa Saja Yang Terkandung Dalam Pelaksanaan Tradisi Kawin Lari Di Desa Bayan Kec. Byan Kab. Lombok Utara?. Untuk menjawab dua pertanyaan tersebut, penelitian menggunakan Teori Fungsionalisme Struktural metode antropologi dengan pengumpulan data, observasi dan interview. Pendekatan antropologi digunakan untuk memaparkan dan mendeskripsikan situasi dan kondisi masyarakat meliputi kondisi sosial dan keagamaan. Penelitian ini menyimpulkan: (1) Tradisi Kawin Lari di desa Bayan adalah tradisi yangg dilakukan oleh masyarakat Bayan selaku suku Sasak dalam memulai proses pernikahan secara adat, prosesi pelaksanaan Tradisi Kawin Lari diawali dengan calon mempelai melakukan midang kerumah calon mempelai perempuan yang dilanjutkan dengan perencanaan matang oleh kedua calon mempelai untuk melarikan diri dari rumah dan berlanjut dengan akad nikah kedua calon mempelai.(2) Nilai islam dalam Tradisi Kawin Lari terdapat doa-doa yang dibacakan Oleh kyai adat ketika selesai menikahkan seseorang yang ditujukan kepada Allah, dan pengakuan Nobat yang terdapat dalam rangkaian

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibrahim, Ahmad Izzatizzatibrahim26@gmail.comA02211033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhazali, Imam-2012026001
Subjects: Nikah
Adat
Keywords: Kawin lari; pernikahan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Ibrahim Ahmad Izzat
Date Deposited: 09 Feb 2017 06:45
Last Modified: 10 Nov 2023 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item View Item