UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN MUSLIM ANAK DI LINGKUNGAN DESA KRAMPON KECAMATAN TORJUN KABUPATEN SAMPANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhrimah, S. (1999) UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN MUSLIM ANAK DI LINGKUNGAN DESA KRAMPON KECAMATAN TORJUN KABUPATEN SAMPANG. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15007

Abstract

Anak adalah titipan atau amanat Allat SWT. Yang dilimpahkan kepada orang tuanya, pada dasarnya jiwa mereka bersih dan suci, ibarat kertas putih yang belum ternoda oleh tinta. Sedangkan goresan tinta dari pena pendidikan yang tertuang dalam kertas putih itu tergantung pada orang tuanya. Jadi orang tua adalah yang pertama dan utama bertanggung jawab atas pendidikan anak anaknya. Anak bukan saja hiasan rumah tangga yang selalu menjadi kebanggaan dalam kehidupan dunia namun anak adalah hamba Allah yang terlahir dalam keadaan fitrah, oleh karena itu orang tua sebagai kepala keluarga bertanggung jawab terhadap ketentraman dan kedamaian hidup keluarganya dimana orang tua dituntut untuk memberikan pembinaan serta arahan sejak anak masih kecil. Rumusan masalah yang akan dibahas disini adalah 1). Bagaimana peranan orang tua dilingkungan keluarga desa krampon kecamatan torjun kabupaten sampang? 2). Bagaimana pembinaan kepribadian muslim anak dilingkungan keluarga desa krampon torjun sampang? 3). Bagaimana upaya orang tua dalam membina kepribadian muslim anak di desa krampon torjun sampang? Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa sebagai umat islam yang patuh pada ajaran agama orang tua dilingkungan desa krampon kecamatan torjun kabupaten sampang umumnya mereka mengerti dan menyadari akan tugas, fungsi dan tanggung jawab serta kedudukna mereka sebagai orang tua dan kepala keluargakarenanya dalam mengasuh, membimbing dan membimbing anak anaknya mereka berusaha untuk menyesuaikan dengan ajaran agama islam, dengan demikian orang tua di lingkungan desa krampon kecamatan torjun kabupaten sampang memegang peranan yang cukup besar dalam membina kepribadian muslim di lingkungan keluarga. Pembinaan kepribadian muslim pada anak dalam keluarga masyarakat desa krampon kecamatan torjun kabupaten sampang adalah cukup baik. Hal ini terbukti dengan materi dan metode yang digunakan dalam membina kepribadian muslim pada anak seperti contoh teladan, pembiasaan serta nasehat yang diberikan kepadanya. Pembinaan kepribadian m uslim pada anak di lingkungan keluarga desa krampon kecamatan torjun kabupaten sampang itu adalah cukup baik, maka upaya yang dilakukan oleh merekapun adalah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan tindakan mereka seperti mangajak anak ke masjid, membiasakan mereka (anak) berdo'a, dan mengingatkan kepada anak bahwa segala perbuatannya selalu diawasi oleh Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhrimah, S.--UNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Keywords: Kepribadian; Muslim; Anak; Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2017 04:25
Last Modified: 07 Dec 2017 17:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item View Item