KITAB TAISIRUL KHOLAQ SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MORAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI NUR KHODIJAH III DENANYAR JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholilah, Amalia (2017) KITAB TAISIRUL KHOLAQ SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MORAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI NUR KHODIJAH III DENANYAR JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Santri ialah murid yang bermukim di pondok pesantren dengan tujuan belajar ilmu-ilmu agama di pondok pesantren salah satu contohnya di Pondok Pesantren Putri Nur Khodijah III Denanyar Jombang. Walaupun di pondok pesantren terkenal sebagai lembaga pendidikan berbasis keagamaan yang didalamnya juga mencakup mengenai akhlaq/moral, tetapi akhlaq para santri sering terlihat minim dalam menghormati orang yang lebih tua. Maka untuk menanggulangi hal yang demikian perlulah santri mendapatkan pendalaman mengenai kitab-kitab ataupun pelajaran yang telah dikajinya. Dalam hal ini peneliti mengangkat kitab Taisirul Kholaq sebagai media upaya pengembangan moral santri. Dalam proses kitab taisirul kholaq sebagai upaya pengembangan moral santri peneliti menggunakan tahapan-tahapan bimbingan dan konseling secara umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh santri kelas 1 tingkat MA/MAN berjumlah 49 santri yang nantinya terbagi menjadi dua kelompok. Teknik sampling yang digunakan terdapat dua macam, yaitu non probability sampling dengan teknik jenuh, karena semua populasi diikutsertakan, ini berlaku pada kelompok eksperimen yang terdiri dari 8 santri kelas 1 MA, kelompok ini merupakan kelompok yang mendapatkan materi pada kitab Taisirul Kholaq. Teknik sampling yang kedua ialah probability sampling dengan teknik simple random sampling (pengambilan sampel diambil secara acak), ini berlaku pada kelompok control yang terdiri dari 8 santri kelas 1 MAN, kelompok ini merupakan kelompok yang tidak mendapatkan materi pada kitab Taisirul Kholaq. Data dikumpulkan dengan menggunakan yang berisi data meliputi kitab Taisirul Kholaq dan data untuk pengembangan moral santri yang keduanya menggunakan instrument berupa angket. Metode analisis data menggunakan uji komparatif pada dua sampel yang berkorelasi untuk mengetahui adanya perbedaan pada dua kelompok penelitian. Ditemukan angka sebesar 10,597 dan ini menunjukkan adanya perbedaan yang positif pada santri yang mendapatkan materi pada kitab Taisirul Kholaq dan yang tidak mendapatkannya. Mengenai efektifitas terdapat angka sebesar 90,7% yang mana menunjukkan bahwa efektifitas kitab Taisirul Kholaq pada pengembangan moral santri terbilang baik. Selain itu, ditemukan pula perbedaan pada santri yang mendapatkan materi pada kitab Taisirul Kholaq dan tidak, sebesar 22,3%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholilah, Amaliaamaliacholilah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Cholilah Amalia
Date Deposited: 10 Feb 2017 06:39
Last Modified: 10 Feb 2017 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item