Hubungan antara perceived organizational support dengan work engagement pada PNS di Dinas Kominfo Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozi, Nurul Huda Fahrur (2017) Hubungan antara perceived organizational support dengan work engagement pada PNS di Dinas Kominfo Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Huda Fahrur Rozi B07212069 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami hubungan antara dukungan organisasi dan keterikatan kerja pada pegawai negeri sipil di Kominfo Jawa Timur. Persepsi dukungan organisasi bertindak sebagai trustworthyness dari karyawan bahwa organisasi menghargai kontribusi dan kesejahteraan mereka. Keterikatan kerja merupakan kondisi mental individu yang terkait dengan kepenuhan positif dan ditandai dengan adanya semangat, dedikasi, dan kefokusan dalam bekerja. Subjek penelitian ini adalah pegawai negeri sipil KOMINFO Provinsi Jawa Timur berjumlah 150 orang kemudian diambil sampel berdasarkan kelengkapan data sebanyak 76 orang. Subyek terdiri dari 33 perempuan yang 43 laki-laki. Metode pengumpul data yang digunakan adalah dua skala yaitu Utrecht Kerja Skala Engagement dari Schaufelli, et.all (2002) untuk keterikatan kerja, sedangkan skala Dukungan Organisasi berasal dari peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan normalitas dan teknik linier dengan bantuan SPSS Statistik 16 Program. Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan product moment ini menunjukkan bahwapada dukungan organisasi dan keterikatan kerja memiliki korelasi positif yang tinggi, r = 0.263, sig 0.022 <0,05. Ini berarti bahwa dukungan organisasi dan keterikatan kerja memiliki hubungan yang kuat pada individu. Kesimpulan yang didapat adalah semakin tinggi tingkat dukungan organisasi maka semakin tinggi tingkat keterikatan kerja karyawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozi, Nurul Huda Fahrurnurulhuda_fahrurrozi@yahoo.co.idB07212069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrorry, LuckyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Keywords: Dukungan organisasi; keterikatan kerja
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rozi Nurul Huda Fahrur
Date Deposited: 14 Feb 2017 06:52
Last Modified: 27 Dec 2023 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15085

Actions (login required)

View Item View Item