Implementasi wazifah sebagai upaya pembentukan sikap spiritual santri: studi kasus di Pondok Pesantren Assalafi al Fithrah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abduloh, Mochamad (2016) Implementasi wazifah sebagai upaya pembentukan sikap spiritual santri: studi kasus di Pondok Pesantren Assalafi al Fithrah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Abduloh_F13213151 ok.pdf

Download (21MB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bersifat menyeluruh dan seimbang, mencakup seluruh aspek kemanusiaan, baik lahiriah maupun batiniah termasuk dalam hal ini spiritual/ rohaniah. Dalam kurikulum pendidikan nasional tahun 2013 disebutkan bahwa kompetensi inti peserta didik salah satunya adalah “sikap spiritual”. Akulturasi spiritualitas Islam dalam bentuk sikap merupakan bahasan yang mendalam oleh para ahli tasawuf. Bahasan tersebut menyangkut maqamat (tingkat pendakian rohani) dan al-ahwal (keadaan batin). Pembentukan sikap spiritual peserta didik bagi sebuah lembaga pendidikan merupakan sebuah tantangan tersendiri dengan belum adanya konsep yang tepat dari pemerintah selaku policy maker kurikulum pendidikan nasional. Berdasarkan fenomena di atas, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian guna mencari konsep yang tepat dalam pembentukan sikap spiritual peserta didik. Obyek penilitian ini adalah Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah (PAF) Surabaya yang memiliki program utama “wazifah”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep wazifah di PAF Surabaya; 2) Mengetahui implementasi wazifah sebagai upaya membentuk sikap spiritual santri. Penelitian ini merupakan studi kasuistik menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam mengumpulkan data digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikannya, kemudian melakukan verifikasi guna menarik suatu kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan teknik triangulasi dan referensi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Konsep wazifah PAF adalah konsep yang holistik, mencakup kegiatan ‘ubudiyyah, amaliah bacaan dan kegiatan umum. Semua pelaksanaan wazifah oleh santri PAF akan bermuara pada satu titik, yakni “sidq al-tawajjuh” yang ini merupakan roh dari tasawuf dan tarekat. Selain itu wazifah yang dijalankan oleh santri PAF adalah juga suatu metode untuk menghasilkan yakin dalam diri yang ini merupakan penghantar untuk melanjutkan perjalanan spiritual dalam pendakian maqamat dalam dunia tasawuf-tarekat. 2) Implementasi wazifah di PAF merupakan implementasi visi dan misi PAF untuk meneruskan perjuangan al-salaf al-salih sekaligus juga implementasi konsep maqamat KH. Achmad Asrori al-Ishaqy ra., pendiri PAF yang juga seorang Murshid al-Tariqat al-Qadiriyyah wa al-Naqshabandiyah al-‘Uthmaniyyah. Dengan pelaksanaan wazifah secara istikamah santri akan terlatih spiritualitasnya, hingga terbentuk sikap spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abduloh, Mochamadm.abduloh.bahanan@gmail.comF13213151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Wazifah; sidq al tawajjuh; yakin; maqamat; sikap spiritual
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abduloh Mochamad
Date Deposited: 09 Mar 2017 07:55
Last Modified: 13 Nov 2023 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item View Item