Pementasan Drama Lautan Jilbab karya Emha Ainun Nadjib dalam fenomena pelarangan menggunakan jilbab bagi pelajar muslimah di sekolah-sekolah negeri di Indonesia (1986 - 1989 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Ainun (2017) Pementasan Drama Lautan Jilbab karya Emha Ainun Nadjib dalam fenomena pelarangan menggunakan jilbab bagi pelajar muslimah di sekolah-sekolah negeri di Indonesia (1986 - 1989 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Najib_A02213008 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yang menjadi fokus pembahasannya adalah tentang(1) respon masyarakat terhadap SK No.052/C/Kep/D.82, (2) Pementasan drama Lautan Jilbab karya Emha Ainun Nadjib dan (3) tentang kesan masyarakat terhadap pementasan tersebut. Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan metode historis, yaitu suatu langkah atau cara merekontruksi masa lampau secara sistematis dan objektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis (sejarah) dan bersifat kualitatif. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori Challenges an Respon dari Arnold J Toynbee. Dimana teori ini mengemukakan tentang bagaimana budaya itu dapat lahir dari proses kreatifitas seseorang atau kelompok dalam menghadapi tantangan alam atau sosial.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, (1) respon dan bentuk penolakan terhadap SK No.052/C/Kep/D.82 datang dari berbagai masyarakat diantaranya datang dari pelajar, orang tua pelajar dan Emha Ainun Nadjib. Emha merespon fenomena tersebut dengan menulis kumpulan syair yang berjudul Lautan Jilbab. (2) Syair Lautan Jilbab kemudian dipentaskan oleh Emha Ainun Nadjib dalam bentuk drama diberbagai kota, diantaranya Yogyakarta, Ujung Pandang, Malang, Surabaya, dan Madiun. (3) Setelah pementasan berlangsung. Masyarakat yang melihat atau terlibat langsung dalam pementasan menjadi lebih berani dan memahami pentingnya menggunakan jilbab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, Ainunainun.tuck@gmail.comA02213008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi DH., AchmadUNSPECIFIED2011106101
Subjects: Budaya - Agama
Jilbab
Kesenian
Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Drama; Lautan Jilbab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Najib Ainun
Date Deposited: 16 Feb 2017 04:30
Last Modified: 10 Nov 2023 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15107

Actions (login required)

View Item View Item