Sejarah perkembangan jamaah dzikir manaqib Syaikh Abdul Qodir Jailani di Pondok Pesantren Alqodiri Jember Kecamatan Gebang Kabupaten Jember Tahun 1997-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumalasari, Devi Senja (2017) Sejarah perkembangan jamaah dzikir manaqib Syaikh Abdul Qodir Jailani di Pondok Pesantren Alqodiri Jember Kecamatan Gebang Kabupaten Jember Tahun 1997-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Senja Kumalasari_A32213098 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Materi yang diteliti dalam skripsi ini berkaitan dengan (1) Bagaimana sejarah berdirinya Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qadir Jailani di pondok pesantren al-Qodiri?. (2) Bagaimana perkembangan Jamaah Dzikir Manakib Syaikh Abdul Qadir Jailani di pondok pesantren Al-Qodiri tahun 1997-2012?. (3) Bagaimana prosesi ritual Dzikir Manakib Syaikh Abdul Qadir Jailani di pondok pesantren Al-Qodiri?. Dalam menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunkan metode sejarah,dengan pendekatan historis, yaitu meliputi beberapa tahap: (1) Heuristik. (2) Kritik. (3) Interpretasi. (4) Historiografi. Sesuai dengan masalah tersebut sumber yang digunakan adalah pengamatan secara langsung terhadap kegiatan Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Jailani. Serta buku-buku referensi pendukung yang berkitan dengan pembahasan ini. Dalam peneitian ini penulis menggunakan teori Arnold J. Toynbe, yaitu Challenge and Respone yang menghasilkan perkembangan kebudayaa. Dalam hal ini peneliti menggunkan Growth of Civilization (Perkembangan Kebudayaan). Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa, (1) Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qadir Jailani dibentuk pada tahun 1970 oleh Kyai Ahmad Muzakki Syah bersama dengan Kyai Ahmad Jailani di Pondok Pesantren Al-Qodiri Kecamatan Gebang Kabupaten Jember. (2) Perkembangan Jamaah Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qadir Jailani dimulai dari tahun 1997-2015 sebanyak 3000 Jamaah dari berbagai macam daerah hingga luar negeri. (3) Prosesi ritual Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Jailani dilaksanakan pada setiap hari kamis di Pondok Pesantren Al-Qodiri. Jamaah mengikuti amalan-amalan dzikir yang dibacakan oleh Kyai. Ritual dzikir ini dimaksudkan mengajak berdoa bersama-sama untuk mendekatkan diri kepada Allah serta meminta perlindungan dan pertolongan agar hajatnya dikabulkan Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumalasari, Devi Senjakumalasarisenja@gmail.comA32213098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.UNSPECIFIED2017075901
Subjects: Budaya Islam
Keywords: Jamaah dzikir manaqib; Syaikh Abdul Qodir Jailani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Kumalasari Devi Senja
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:06
Last Modified: 10 Nov 2023 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item View Item