This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Halimah, Nur (2014) LAYANAN HOME VISIT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA BROKEN HOME DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL KHAIRIYAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Layanan Home Visit merupakan salah satu layanan pendukung dalam bimbingan konseling sekaligus sebagai layanan yang diterapkan untuk siswa broken home dalam meningkatkan motivasi belajarnya. Layanan ini dilakukan dirumah oleh
Konselor sekolah yang bekerjasama dengan keluarga dan siswa broken home sendiri.
Siswa broken home sering dilabelkan pada anak yang menjadi korban perceraian orang tuanya. Broken home sangat berpengaruh besar pada mental seorang pelajar hal inilah yang mengakibatkan seorang pelajar tidak mempunyai minat untuk berprestasi. Broken home juga bisa merusak jiwa anak sehingga dalam sekolah mereka bersikap seenaknya saja, tidak disiplin di dalam kelas mereka selalu berbuat keonaran dan kerusuhan hal ini dilakukan karena mereka cuma ingin mencari simpati pada teman-teman mereka bahkan pada guru-guru mereka.
Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual. Peranannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang dan semangat untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi kuat, akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar pada siswa broken home di kelas VII SMP Al Khairiyah Surabaya masih belum mumpuni untuk mencapai
prestasi belajarnya. Mereka merasa tidak ada yang peduli dengan sekolahnya juga dengan prestasinya disebabkan oleh ayah dan ibunya yang bercerai. Selain itu keadaan rumah dan fasilitas belajarnya juga menjadi faktor yang mempengaruhi
motivasi belajar siswa broken home tersebut Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana motivasi belajar
pada siswa broken home di kelas VII SMP Al Khairiyah Surabaya? Bagaimana proses layanan home visit untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa broken home di kelas VII SMP Al Khairiyah Surabaya? Bagaimana hasil dan tindak lanjut layanan home visit untuk meningkatkan
motivasi belajar pada siswa broken home di kelas VII SMP Al Khairiyah Surabaya? Dalam Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Diskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik (utuh), dengan mendeskripsikan data dalam bentuk kata-kata dan
bahasa, dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Manfaat dari layanan home visit untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa broken home di kelas VII SMP Al Khairiyah Surabaya adalah memudahkan siswa broken home dalam meningkatkan motivasi belajarnya, membantu siswa
broken home untuk lebih terbuka dengan keluarga maupun dengan teman-temannya.
Selain itu bisa menciptakan lingkungan belajar dikelas dan di rumah menjadi aktif, kreatif, dan siswa broken home tidak jenuh serta meningkatkan pemahaman siswa akan materi yang telah disampaikan oleh guru
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mukhlishah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Penyuluhan | ||||||
Keywords: | Layanan Home Visit; Motivasi Belajar; Siswa Broken Home | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2015 08:58 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2015 08:58 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1518 |
Actions (login required)
View Item |