Nilai keislaman dan budaya lokal dalam kesenian Tari Mayang Madu di Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Ahmad (2017) Nilai keislaman dan budaya lokal dalam kesenian Tari Mayang Madu di Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Fahmi_A02212034 ok.pdf

Download (9MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Seperti apakah tari mayang madu itu serta bagaimana asal usulnya? 2) Apa saja nilai ke-Islaman dan nilai budaya lokal yang terkandung dalam tari mayang madu?.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan menggunakan pendekatan antropologi budaya, yaitu proses pengumpulan data dan mencatat bahan-bahan guna mengetahui keadaan masyarakat (kelompok etnik) yang bersangkutan dalam keadaan sekarang tanpa melupakan masa lampau. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Erns Cassirer, yang menurutnya lambang adalah benda atau objek material yang nilai (arti) yang ada padanya ditentukan oleh orang yang menggunakannya sebagai lambang.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan: 1) Tari Mayang Madu merupakan tari pendidikan yang diciptakan oleh Arif Anshori yang menceritakan tentang syiar agama Islam yang dilakukan oleh Kanjeng Sunan Drajat beserta santri-santrinya di daerah Lamongan, utamanya di pesisir utara. Tari ini diciptakan pada tahun 2006, atas permintaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melestarikan kesenian-kesenian yang ada di daerah Lamongan, 2) Ada beberapa nilai-nilai yang terkandung dalam kesenian tari mayang madu ini yang meliputi nilai religius atau nilai keagamaan/ke-Islaman dan nilai tradisi atau nilai budaya lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Ahmadmattfahmy@gmail.comA02212034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ahmad NurUNSPECIFIED2011116401
Subjects: Kebudayaan
Kesenian
Keywords: Budaya lokal; Tari Mayang
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Fahmi Ahmad
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:08
Last Modified: 10 Nov 2023 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item View Item