Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar kognitif Matematika berdasarkan model PISA pada konten quantity

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aida, Nur (2017) Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar kognitif Matematika berdasarkan model PISA pada konten quantity. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika dalam Kurikulum 2013 yang termuat dalam empat kompetensi inti yaitu kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan sejalan dengan kemampuan yang diujikan dalam PISA. Namun, hasil TIMSS dan PISA menunjukkan bahwa kedudukan Indonesia berada pada peringkat bawah terutama pada literasi matematika. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa Indonesia kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal dengan karakteristik PISA dan TIMSS, sebab penyajian instrumen penilaian hasil belajar di sekolah kurang dikaitkan dengan konteks kehidupan yang dihadapi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan instrumen penilaian hasil belajar kognitif matematika berdasarkan model PISA pada konten quantity dan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, dan karakteristik instrumen penilaian terkait daya pembeda, tingkat kesukaran, dan nilai guessing.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan deskripsi kualitatif. Model penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah membangun kerangka penilaian oleh PISA yang telah disesuaikan yakni meliputi: (1) analisis kebutuhan; (2) penyusunan draft produk; (3) validasi; (4) evaluasi; (5) uji coba lapangan non subjek (field trial); (6) evaluasi; (7) uji lapangan subjek (field test).Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) deskripsi proses pengembangan instrumen penilaian hasil belajar kognitif matematika berdasarkan model PISA pada konten quantity; (2) validitas instrumen penilaian ketujuh butir soal dinyatakan valid dan satu butir soal dinyatakan tidak valid. Sedangkan reliabilitas butir soal yang valid dalam kategori sedang; dan (3) karakteristik instrumen penilaian 7 butir soal yang meliputi daya pembeda, tingkat kesukaran, dan nilai guessing termasuk kategori baik, hanya butir soal nomor 1 yang mempunyai kategori tingkat kesukaran tidak baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aida, Nurnaida0129@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Matematika
Keywords: Instrumen Penilaian; Kognitif; PISA; Quantity.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aida Nur
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:38
Last Modified: 13 Jun 2017 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15296

Actions (login required)

View Item View Item