Internet language features used by male and female commenters toward humor vidgrams in Ria Ricis' instagram account, @riaricis1795

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustiyani, Muji (2017) Internet language features used by male and female commenters toward humor vidgrams in Ria Ricis' instagram account, @riaricis1795. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Bahasa yang digunakan dalam komunikasi online telah menjadi minat khusus dalam studi bahasa, sebagai mana fenomena bahasa berkembang dari waktu ke waktu. Fitur bahasa Internet telah memberikan kontribusi terhadap variasi bahasa dalam bentuk tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikasi fitur bahasa Internet yang biasa digunakan oleh komentator pria dan wanita terhadap vidgram (video Instagram) yang mengandung unsur humor, serta membandingkan fitur keduannya. Fitur bahasa Internet tersebut dianalisis berdasarkan klasifikasi Danet (2001) dalam fitur umum penulisan digital yang terdiri dari sepuluh fitur, yaitu tanda baca, ejaan eksentrik, huruf capital, tanda bintang untuk penekanan, bentuk tulis tertawa, music/suara, deskripsi tindakan, emoticon, singkatan, dan tulisan rebus, serta empat fitur tambahan yang berasal dari pembentukan kata (kliping dan blending), dan ortografi bahasa ‘Alay’ (penggantian huruf dan penghapusan huruf). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam kaitannya dengan penggunaan analisis yang sistematis dan mendalam dimana data yang diambil berupa komentar di Instagram. Penelitian ini mengungkapkan adanya empat fitur baru yang ditemukan dalam data. Fitur-fitur tersebut adalah penambahan huruf, kombinasi penghapusan dan penambahan huruf, ejaan singkatan, dan ejaan berulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permpuan menggunakan fitur bahasa Internet lebih banyak dibandingkan laki-laki. Hal ini dapat diasumsikan bahwa perempuan lebih ekspresif dalam menyampaikan pikiran dan perasaan mereka terhadap vidgram yang berisi humor. Kometator perempuan mengaplikasikan enambelas fitur bahasa Internet, sementara komentator laki-laki mengaplikasikan hanya empat belas fitur. Selain itu, munculnya dua fitur baru; kombinasi penghapusan – penambahan huruf, dan ejaan singkatan hanya ditemukan dalam komentar perempuan. Jenis-jenis baru dari fitur ortografi dianggap sebagai bentuk baru dari bentuk ekspresivitas. Temuan ini mengungkapkan bahwa kedua fitur ini digunakan semata-mata hanya untuk memproduksi suara lucu untuk menghindari kebosanan dari sistem penulisan normal. Persamaan antara fitur yang dipakai kedua jenis kelamin terletak pada ketiadaan dari dua fitur – tanda bintang untuk penekanan dan deskripsi tindakan. Perbedaan antara keduanya sedikit terlihat pada penggunaan beberapa fitur khas bahasa Internet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustiyani, Mujimujiatiyani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Inggris
Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Agustiyani Muji
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:49
Last Modified: 13 Jun 2017 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15300

Actions (login required)

View Item View Item