KONSTRUKSI BERITA ‘AHOK GUGAT UU PILKADA’ PERIHAL CUTI PETAHANA PADA PORTAL MEDIA ONLINE JAWAPOS.COM DAN KOMPAS.COM EDISI SEPTEMBER 2016 : ANALISIS FRAMING MODEL ROBERT N. ENTMAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isma, Lathifah (2017) KONSTRUKSI BERITA ‘AHOK GUGAT UU PILKADA’ PERIHAL CUTI PETAHANA PADA PORTAL MEDIA ONLINE JAWAPOS.COM DAN KOMPAS.COM EDISI SEPTEMBER 2016 : ANALISIS FRAMING MODEL ROBERT N. ENTMAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (709kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana define problems (pendefinisian masalah), diagnose causes (sumber masalah), make moral judgement (keputusan), dan treatment recommendation (merekomendasikan penyelesaian) dalam konstruksi berita ‘Ahok Gugat UU Pilkada’ pada portal media online Jawapos.com dan Kompas.com edisi September 2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan tentang: define problems (pendefinisian masalah), diagnose causes (sumber masalah), make moral judgement (keputusan), dan treatment recommendation (merekomendasikan penyelesaian) dalam konstruksi berita ‘Ahok Gugat UU Pilkada’ pada portal media online Jawapos.com dan Kompas.com edisi September 2016. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian Analisis Teks Media. Dengan Studi Analisis Framing Model Robert N. Entman. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan berita dari portal media online Jawapos.com dan Kompas.com edisi September 2016 seputar berita ‘Ahok Gugat UU Pilkada’, kemudian mencatat, memilih dan menganalisisnya sesuai dengan model penelitian yang digunakan. Dalam penelitian ini ditemukan Jawa Pos dan Kompas memiliki tujuan yang sama yaitu cenderung memperhatikan keuntungan segi ekonomi dibalik berita-berita politik yang mereka tuliskan. Kompas.com memiliki kecenderungan menampilkan sisi positif yang ada pada diri Ahok pada pemberitaan ini, sedangkan Jawapos.com cenderung mengangkat apa adanya isu yang sedang berlangsung. Jawa Pos lebih mengutamakan ideologi oplah atau minat pembacanya diwujudkan dengan selalu menampilkan sisi yang dianggap laku untuk dijual, tidak perduli aliran politik apa yang diusung oleh sang aktor politik. Sedangkan Kompas, memadukan kepentingan ekonomi dengan idealisme, dimana media ini menempatkan permainan wacana ditengah masyarakat yang pluralis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isma, Lathifahlathifahisma7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Isma Lathifah
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:00
Last Modified: 20 Feb 2017 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15306

Actions (login required)

View Item View Item