This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lailiyah, Arfi (2014) STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PAI DI SLB PKK GEDEG MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (27kB) | Preview |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus (ABK) atau anak luar biasa adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Sehingga menimbulkan hambatan akibat tingkah laku sikap dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, terutama untuk bertingkah laku yang baik. Dari sini dibutuhkan suatu usaha serius untuk membina akhlak atau tingkah laku yang baik kepada anak luar biasa. Salah satu usaha untuk menanggulanginya yaitu melalui pendidikan agama islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana penelitian yang disusun tidak melalui prosedur statistik, tetapi non statistik atau non matematik. Penelitian merupakan penelitian deskriptif, yakni menguraikan, menggambarkan dan memaparkan apa adanya gejala-gejala secara jelas terhadap aspek –aspek yang diselidiki. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan akhlak sangat diperlukan di lingkungan SLB PKK Gedeg, hal ini bertujuan untuk menyiapkan siswa-siswi SLB untuk hidup bermasyarakat dengan berakhlakul karimah. Strategi pembinaan akhlak
di SLB PKK juga dilakukan melalui mata pelajaran PAI strategi yang sesuai untuk siswa-siawi SLB. Penerapan strategi pembelajaran yang dilakukan guru PendidikanAgama Islam di SLB PKK Gedeg terdiri dari berbagai macam komponen,
yaitu: Urutan kegiatan pembelajaran, Metode pembelajaran dan Media Pembelajaran. Adapun Metode-metodenya diantaranya adalah metode ceramah, keteladanan, pembiasaan, metode kisah-kisah, metode nasehat dan penggunaan media pembelajaran.
Kepada kepala sekolah diharapkan agar terus menerus memperhatikan perkembanagn akhlak siswa, sebab masa remaja merupakan masa transisi yang mana kondisi dan jiwa anak masih sangat labil. Maka dari itu diperlukan bimbingan
dan binaan dari berbagai pihak baik itu sekolah, keluraga dan masyarakat.
Disamping itu agar lebih diupayakan untuk pengadaan guru fak mata pelajaran Agama Islam. Hal ini bertujuan agar pengajaran Agama Islam dapat lebih optimal dan profesional.
Kepada pihak Universitas Islam Negeri Sunan Ampel surabaya, khususnya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan agar mengupayakan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam untuk Pendidikan Luar Biasa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Syamsudin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan - Karakter | ||||||
Keywords: | Akhlak; Anak Berkebutuhan Khusus | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2015 08:36 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2015 08:36 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1532 |
Actions (login required)
View Item |