PROFIL SYMBOL SENSE DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darojaturrofiah, Lucky (2017) PROFIL SYMBOL SENSE DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Symbol sense merupakan kepekaan atau penguasaan terhadap penggunaan simbol dan pemahaman tentang situasi kapan simbol dapat digunakan. Symbol sense perlu dimiliki oleh setiap siswa, agar siswa memiliki pemahaman yang baik mengenai simbol. Setiap siswa memiliki kemampuan matematika yang berbeda, sehingga mempengaruhi symbol sense nya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil symbol sense dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah kelas IX-5 berdasarkan hasil tes kemampuan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan matematika tinggi menggunakan symbol sense nya secara maksimal dalam setiap langkah pemecahan masalah aljabar. Subjek yang memiliki kemampuan matematika sedang pada tahap memahami masalah tidak dapat mengaitkan simbol dengan masalah, dan kurang teliti dalam mengidentifikasi makna dari simbol. Pada tahap merencanakan kurang teliti dalam menuliskan metode yang dipilih. Pada tahap melakukan rencana pemecahan kurang teliti dalam menggunakan simbol dalam langkah pemecahan masalah serta tidak mampu menjelaskan hubungan antar simbol. Dan pada tahap memeriksa kembali kurang yakin dalam menjelaskan simbol yang digunakan akan memiliki arti yang berbeda dalam masalah yang berbeda. Subjek yang memiliki kemampuan matematika rendah pada tahap memahami masalah tidak mampu menyebutkan simbol-simbol yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah, tidak dapat mengaitkan simbol dengan masalah, kurang teliti dalam mengidentifikasi makna dari simbol. Pada tahap merencanakan pemecahan masalah kurang tepat dalam menyatakan permasalahan dalam model matematika, dan kurang yakin dalam menjelaskan makna dari model matematika yang dibuat. Pada tahap melakukan rencana pemecahan masalah kurang teliti dalam menggunakan simbol dalam langkah pemecahan serta tidak mampu menjelaskan hubungan antar simbol. Dan pada tahap memeriksa kembali pemecahan masalah tidak membuktikan kesesuaian simbol secara keseluruhan, hanya memeriksa sebagian dari pemecahannya saja dan kurang yakin dalam menjelaskan simbol yang digunakan akan memiliki arti yang berbeda dalam masalah yang berbeda dan tidak mengetahui secara pasti alasannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darojaturrofiah, Luckyofilucky21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Symbol Sense; Memecahkan Masalah; Kemampuan Matematika Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Darojaturrofiah Lucky
Date Deposited: 22 Feb 2017 01:56
Last Modified: 22 Feb 2017 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15350

Actions (login required)

View Item View Item