Analisis disposisi berpikir kritis matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah dibedakan berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Septiana (2017) Analisis disposisi berpikir kritis matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah dibedakan berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Disposisi berpikir kritis matematis merupakan suatu sikap atau tindakan seseorang dalam berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika. Siswa yang memiliki gaya kognitif berbeda memiliki disposisi berpikir kritis matematis yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah dibedakan berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya kognitif field dependent dan 2 siswa bergaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator disposisi berpikir kritis matematis dalam memecahkan masalah berdasarkan tahapan Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang bergaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah tidak melakukan salah satu subindikator pencarian kebenaran yaitu tidak menemukan alternatif cara lain, tidak melakukan subindikator berpikiran terbuka yaitu menyelesaikan masalah dengan menggunakan lebih dari satu metode, tidak melakukan subindikator analitis yaitu tidak bisa mengaitkan hubungan antar konsep, melakukan semua subindikator sistematis dan percaya diri, tidak melakukan subindikator rasa ingin tahu yaitu mencoba menggunakan metode lain selain yang digunakan. Sedangkan subjek yang bergaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah melakukan semua subindikator pencarian kebanaran, tidak melakukan subindikator berpikiran terbuka yaitu menyelesaikan masalah dengan lebih dari satu metode, tidak melakukan salah satu subindikator analitis yaitu tidak membuat permisalan dan bentuk matematika, melakukan semua subindikator sistematis, percaya diri dan rasa ingin tahu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Septianaseptianawulan1309@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A.Saepulaseptheaiain@yahoo.co.id; asepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Matematika
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wulandari Septiana
Date Deposited: 20 Feb 2017 08:05
Last Modified: 27 Jan 2020 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item