This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wulandari, Septiana (2017) Analisis disposisi berpikir kritis matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah dibedakan berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (837kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (984kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (744kB) | Preview |
Abstract
Disposisi berpikir kritis matematis merupakan suatu sikap atau tindakan seseorang dalam berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika. Siswa yang memiliki gaya kognitif berbeda memiliki disposisi berpikir kritis matematis yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah dibedakan berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya kognitif field dependent dan 2 siswa bergaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator disposisi berpikir kritis matematis dalam memecahkan masalah berdasarkan tahapan Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang bergaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah tidak melakukan salah satu subindikator pencarian kebenaran yaitu tidak menemukan alternatif cara lain, tidak melakukan subindikator berpikiran terbuka yaitu menyelesaikan masalah dengan menggunakan lebih dari satu metode, tidak melakukan subindikator analitis yaitu tidak bisa mengaitkan hubungan antar konsep, melakukan semua subindikator sistematis dan percaya diri, tidak melakukan subindikator rasa ingin tahu yaitu mencoba menggunakan metode lain selain yang digunakan. Sedangkan subjek yang bergaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah melakukan semua subindikator pencarian kebanaran, tidak melakukan subindikator berpikiran terbuka yaitu menyelesaikan masalah dengan lebih dari satu metode, tidak melakukan salah satu subindikator analitis yaitu tidak membuat permisalan dan bentuk matematika, melakukan semua subindikator sistematis, percaya diri dan rasa ingin tahu.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika Matematika |
||||||||
Keywords: | Disposisi berpikir kritis; matematis | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Wulandari Septiana | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2017 08:05 | ||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:12 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15360 |
Actions (login required)
View Item |