Kecenderungan empty nest pada ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tsani, Alfi Rohmatus (2017) Kecenderungan empty nest pada ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Rohmatus Tsani_B07212038 ok.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kecenderungan empty nest pada ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja. Penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan triangulasi sebagai validasi data. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 2 ibu yang bekerja yakni KH dan SU dan 2 ibu yang tidak bekerja yakni SP dan SN. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya. Cara pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi.Hasil penelitian menunjukkan adanya kecenderungan empty nest pada ibu yang bekerja maupun ibu yang tidak bekerja dalam porsi yang berbeda. Gejala empty nest meliputi depresi, kesedihan yang persisten, kesepian dan ketidakbergunaan, kekosongan dalam kehidupan pernikahan. Hasil yang peneliti temukan kecenderungan empty nest lebih terlihat pada ibu yang tidak bekerja. Pada subjek KH mengalami depresi, kesedihan yang persisten, serta kesepian dan rasa ketidakbergunaan. Pada subjek SU mengalami kesepian dan rasa ketidakbergunaan dan kekosongan dalam kehidupan pernikahan. Pada subjek SP mengalami epesi, kesedihan yang persisten, kesepian dan rasa ketidakbergunaan serta kekosongan dalam kehidupan pernikahan. Pada subjek SN mengalami kesedihan yang persisten, kesepian dan rasa ketidakbergunaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tsani, Alfi Rohmatusalfirohmatus.ts@gmail.comB07212038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatiktatikfpk@uinsby.ac.id2011057603
Subjects: Psikologi
Psikologi > Keluarga
Psikologi > Kecemasan
Keywords: Empty nest; ibu bekerja; ibu tidak bekerja
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Tsani Alfi Rohmatus
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:16
Last Modified: 21 Dec 2023 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15380

Actions (login required)

View Item View Item