HUBUNGAN OPTIMISME DAN SELF-ESTEEM SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Elok (2017) HUBUNGAN OPTIMISME DAN SELF-ESTEEM SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Penyebabnya ialah karakteristik matematika yang bersifat abstrak. Bagisiswa matematika dianggap sebagai momok menakutkan dan cenderung dianggap pelajaran yang sulit. Ketakutan itu berasal dari pikiran negatif siswa. Munculnya pikiran negatif siswa dikarenakan kurangnya sikap optimis atau biasa disebut sikap pesimis. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya optimisme, ialah self-esteem. Optimisme dan self-esteem juga merupakan salah satu penyebab tinggi rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara: (1) optimisme siswa dengan hasil belajar matematika, (2) self-esteem siswa dengan hasil belajar matematika, (3) optimisme dengan self-esteem siswa, (4) optimisme dan self-esteem siswa dengan hasil belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al Hidayah Tuban dan pengambilan sampel menggunakan angket kontrol yakni angket multiple intelegence. Siswa yang terpilih sebanyak 55 siswa yang mempunyai tipe kepintaran logika matematika.Metode pengumpulan data dalam dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan instrumen tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik nonparametrik, yaitu uji Spearman rank dan konkordansi rank kendall. Spearman rank digunakan untuk menganalisis hubungan antara optimisme dengan hasil belajar, self-esteem dengan hasil belajar dan optimisme dengan self-esteem. Sedangkan konkordansi rank kendall digunakan untuk menganalisis hubungan antara optimisme dan self-esteem dengan hasil belajar. Pengolahan data hasil analisis diperoleh dengan menggunakan progam komputer Software Statistical Passage Social Science (SPSS) versi 21 for Windows dan perhitugan manual berbantu microsoft excel 2007.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara optimisme siswa dengan hasil belajar matematika sebesar r_s=0,993(2) terdapat hubungan antara self-esteem siswa dengan hasil belajar matematika sebesarr_s=0,985; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara optimisme dan self-esteem siswa sebesar r_s=0,991dan (4) terdapat hubungan antara optimisme dan self-esteem siswa dengan hasil belajar matematika sebesar W= 0,988.

Kata kunci: Optimisme, Self-esteem dan Hasil belajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, ElokUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Self esteem; harga diri; optimesme; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rosyida Elok
Date Deposited: 23 Feb 2017 01:58
Last Modified: 23 Feb 2017 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15481

Actions (login required)

View Item View Item