Penguatan pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas karakter siswa di sekolah menengah pertama Gema 45 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulmy, Achmad Nizar (2017) Penguatan pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas karakter siswa di sekolah menengah pertama Gema 45 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Degradasi moral melanda kehidupan bangsa, yang sudah merambah ke seluruh elemen, tak terkecuali dunia pendidikan. Indokatornya maraknya berbagai macam kasus seperti pemerkosaan, narkoba dan lain sebagainya, telah menghancurkan masa depan anak bangsa. Maka dari itu perlu adanya dorongan/ penguatan yang dapat meningkatkan kualitas karakter tersebut tak terkecuali Pendidikan Agama Islam sekalipun. Dari permasalahan di atas dapat dirumuskan sebagai berikut (1) Bagaimana Proses Penguatan Pendidikan Agama Islam di SMP Gema 45 Surabaya, (2) Bagaimana Kondisi Kualitas karakter Siswa di SMP Gema 45 Surabaya, dan (3) Apa Saja Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Karakter Siswa di SMP Gema 45 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang diambil adalah meliputi literatur, sumber data lapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini disampaikan pertama, bentuk penguatan Pendidikan Agama Islam di SMP Gema 45 Surabaya yang meliputi, (1) perencanaan/ program penguatan Pendidikan Agama Islam, (2) pembagian tugas tim penilai penguatan Pendidikan Agama Islam, (3) pelaksanaan penguatan Pendidikan Agama Islam, dan (4) pengendalian dan evaluasi penguatan Pendidikan Agama Islam, kedua : kualitas karakter siswa di SMP Gema 45 Surabayameliputi, (1) kualitas karakter siswa sebelum diterapkan penguatan Pendidikan Agama Islam, dan (2) kualitas karakter siswa setelah diterapkan penguatan Pendidikan Agama Islam. Ketiga : penguatan Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas karakter siswa di SMP Gema 45 Surabaya yang masing-masing ada 4 aspek yang dinilai untuk siswa meliputi : (1) penguatan pendidikan Agama Islam, (2) karakter, (3) kedisiplinan, dan (4) tata tertib. Hasil penelitian ini disarankan untuk (1) bisa dijadikan salah satu sarana evaluasi kualitas karakter siswa, (2) penguatan Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas karakter siswa di SMP Gema 45 Surabaya diharapkan bisa dikembangkan oleh lembaga pendidikan yang lain, dan (3) bagi yayasan sebagai salah satu referensi untuk melengkapi satuan pendidikan yang belum ada saat ini di lembaga pendidikan Yayasan Perjuangan 45 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulmy, Achmad Nizarnizar.rutins@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulmy Achmad Nizar
Date Deposited: 23 Feb 2017 07:31
Last Modified: 12 Oct 2017 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15529

Actions (login required)

View Item View Item