INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM KEGIATAN WAJIB SALAT DUHA SISWA KELAS X SMA GIKI II SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Larangga, Yusuf Febrian (2017) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM KEGIATAN WAJIB SALAT DUHA SISWA KELAS X SMA GIKI II SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Internalisasi nilai Islam yang diterapkan di sekolah SMA GIKI II Surabaya dengan wajib salatduha adalah salah satu dari sekian banyak proses yang dapat menumbuhkan nilai-nilai Islam pada jiwa anak didik di sekolah sehingga memperkuat jiwa keimanan dan mempunyai akhlak yang baik kepada guru di sekolah. Penelitian lapangan ini mengunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif., dengan pendekatan fenomenologis. Data kualitatif yang diambil meliputi sejarah singkat tentang sekolahan, karakteristik, visi misi dan tujuan, struktur organisasi, rekapitulasi peserta didik, analisis penelitian dan data lainnya yang mendukung penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan angket. Dalam penelitian ini menjelaskan implementasi Internalisasi Nilai-nilai Islam Dalam wajib Salat Duha SMA GIKI II Surabaya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa internalisasi nilai-nilai Islam sudah terlaksanakan dengan baik. Dengan bukti sudah banyak siswa/i yang dapat mengimplementasikan nilai-nilai Islam melalui kehidupan sehari-hari mereka yang salah satunya adalah setelah melaksanakan salat duha hati menjadi lebih tenang dan tidak gelisah, merasa lebih mudah dalam melakukan aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian internalisasi nilai Islam dapat disimpulkan kedalam tiga aspek yaitu : pertama, nilai aqidah (keimanan) yang merupakan salah satu materi yang disampaikan setiap selesai salat duha dengan tujuan meningkatkan keimanan siswa, kedua, nilai akhlak/budi pekerti yang diberikan dengan penyampaian ceramah dengan tujuan siswa/i mempunyai akhlak mulia dan baik, ketiga, memiliki sifat disiplin dan tanggungjawab seperti halnya disiplin waktu dalam masuk sekolah dan mengerjakan salat. Indikasi internalisasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan wajib salat duha adanya perubahan yang signifikan terhadap tingkah laku siswa/i yang melaksanakan salat duha secara rutin dengan guru mereka bersikap sopan, santun, disiplin, tanggung jawab dan juga akhlaq islami dapat terlihat dengan aktivitas sehari-hari para siswa/i di sekolah. Dalam segi keilmuan siswa/i secara tidak langsung mereka tahu cara melaksanakan salat duha dengan baik, menghafal do’a setelah salat duha dan surat-surat pendek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Larangga, Yusuf Febrianusoefvbrie@rocketmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Larangga Yusuf Febrian
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:35
Last Modified: 15 Mar 2017 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item View Item