Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Novel Partikel karya Dewi Lestari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Moh. Rifqi (2017) Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Novel Partikel karya Dewi Lestari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Rifqi Rahman_D01213028 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Novel Partikel, merupakan novel yang dikarang oleh Dewi Lestari. Novel ini menceritakan perjalanan seorang tokoh utama yang bernama Zarah yang penuh dengan tanda tanya dan kejutan. Banyak pesan-pesan tersembunyi di dalam novel ini, salah satunya tentang manusia yang hanyalah bagian dari satu kesatuan kosmos dan tidak ada yang lain kecuali ikut berperan serta dalam perputaran kosmos yang sudah diciptakan Tuhan. Fokus dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Partikel karya Dewi Lestari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mencari; 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Partikel karya Dewi Lestari, dan 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Partikel karya Dewi Lestari terhadap penanaman akhlak di zaman kontemporer. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk; 1) Mendeskripsikan dan memahami nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Partikel karya Dewi Lestari, dan 2) Menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Partikel karya Dewi Lestari terhadap penanaman akhlak di zaman kontemporer. Jenis penilitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan untuk pendekatannya, penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik, yang secara gampang dapat didefinisikan sebagai kegiatan menafsirkan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catatyaitu pembacaan yang berulang-ulang dan dilanjutkan dengan pencatatan yang sesuai dengan rumusan masalah. Sedangkan analisis data terdiri dari; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Partikel karya Dewi Lestari yaitu; 1) Akhlak kepada Allah dapat ditanamkan melalui figur, 2) Akhlak kepada diri sendiri dapat ditanamkan melalui bimbingan kesadaran akan kedudukan dan potensi diri, 3) Akhlak kepada sesama dapat ditanamkan melalui bimbingan kesadaran bahwa potensi diri tidak untuk diri sendiri semata tapi juga untuk orang lain, dan 4) Akhlak kepada alam dapat ditanamkan melalui bimbingan kesadaran tentang penciptaan makhluk dan peran manusia sebagai khalifah. Sedangkan relevansinya terhadap penanaman akhlak di zaman kontemporer terletak pada figur dan kesadaran diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Moh. Rifqirifqir92@gmail.comD01213028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad MuhibbinUNSPECIFIED2011077202
Subjects: Akhlak
Keywords: Pendidikan; akhlak; Partikel
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahman Moh. Rifqi
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:49
Last Modified: 28 Nov 2023 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15568

Actions (login required)

View Item View Item