PENINGKATAN WAWASAN KE-NU-AN MELALUI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL ASWAJA DI MA HASYIM ASY'ARI SUKODONO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoriyah, Rif'atul (2017) PENINGKATAN WAWASAN KE-NU-AN MELALUI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL ASWAJA DI MA HASYIM ASY'ARI SUKODONO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Wawasan ke-NU-an yang rendah akan menimbulkan krisis Akhlak, Pembelajaran Mulok aswaja harus dilakukan dengan optimal agar siswa-siswi berakhlak yang baik sesuai dengan Haluan Ahlussunnah waljamaah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Implemenatsipembelajaran Mulok Aswaja, faktor pendukung dan penghambat, wawasan ke-NU-an siswa-siswi, peningkatan wawasan ke-NU-an siswa-siswi melalui pembelajaran Mulok Aswaja.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Sedangkan pendekatannya menggunakan deskriptif-analisis dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, pertama, Implementasi Pembelajaran Mulok Aswaja di MA Hasyim Asy’ari sesuai komponen yang ada, Guru Aswaja dapat menyusun perangkat pembelajaran, penggunakan media yang semestinya, penggunaan metode yang sesuai, pendekatan-pendekatan yang digunakan juga dapat memberi motivasi kepada peserta didik, sumber belajar MA Hasyim Asy’ari menggunakan sumber belajar LKS Aswaja dan Buku Paket Aswaja dan ditunjang dengan buku lain, materi yang diberikan guru disesuaikan dengan kondisi siswa-siswi MA Hasyim Asy’ari. Kedua, Faktor pendukung Pelaksanaan pembelajaran Mulok Aswaja di MA Hasyim Asy’ari, diantaranya karena memang seluruh pendidiknya mayoritas NU dan pelajarnya juga mayoritas NU sehingga dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan dapat menunjang pembelajaran Aswaja. Sedangkan faktor penghamabatnya karena kurangnya alokasi waktu dan kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran. Ketiga, Wawasan ke-NU-an siswa siswi MA Hasyim Asy’ari dianggap baik yang dibuktikan dengan siswa-siswi memahami materi ke-NU-an dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Keempat, Peningkatan wawasan ke-NU-an melalui pembelajaran muatan lokal Aswaja terlihat dari siswa-siwi yang paham tentang materi yang disampaikan oleh guru, kemudian siswa dapat mengaplikasikan amaliyah-amaliyah yang diajarkan oleh guru Aswaja sehingga secara garis besar di MA Hasyim Asy’ari terdapat peningkatan wawasan ke-NU-an melalui pembelajaran Muatan lokal Aswaja yang dibuktikan dengan nilai Pre-test dan Post test serta mampunya siswa-siswi dalam memimpin tahlil dan istighotsah, mengikuti seni sholawat banjari, kaligrafi, dan terlibatnya siswa-siswi dalam organisasi ke-NU-an dimasyarakat setempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoriyah, Rif'atulrifakhoiriyah28@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Nahdlatul Ulama
Keywords: Peningkatan wawasan ke-NU-an; Pembelajaran Muatan lokal Aswaja
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoriyah Rif'atul
Date Deposited: 01 Mar 2017 02:36
Last Modified: 01 Mar 2017 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item