ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI AKAD QARD AL HASAN DI BMT MANDIRI SEJAHTERA KARANGCANGKRING DUKUN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Awalul (2017) ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI AKAD QARD AL HASAN DI BMT MANDIRI SEJAHTERA KARANGCANGKRING DUKUN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitaian kualitatif yang memiliki tujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai analisis prosedur bentuk pemberdayaan UMKM, serta menganalisis mengenai perkembangan bisnis nasabah UMKM sebelum atau setelah melakukan pembiayaan Qard} al-Hasan di BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Dukun Gresik. Untuk mengetahui model pemberdayaan UMKM pada nasabah yang melakukan pembiayaan Qard} al-Hasan tersebut, maka dilakukannya penelitian di BMT Mandiri Sejahtera. Karangcangkring Dukun Gresik sebagai subyek penelitian. Metode penelitian yang digunkan yaitu deskriptif-kualitatif, dimana penelitian ini berusaha menuturkan pemecahan masalah berdasarkan data-data yang sudah ada dan didukung dengan wawancara langsung kepada kepala pusat bagian pembiayaan, pihak marketing selaku yang bertugas dalam melakukan program pemberdayaan, serta nasabah UMKM yang melakukan pembiayaan Qard} al-Hasan. Wawancara ini dilakukan untuk menggali informasi secara mendalam terkait permasalahan yang peneliti angkat. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif analitis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pemeberdayaan UMKM yang dilakukan oleh BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Dukun Gresik untuk meningkatkan perkembangan bisnis nasabah Qard} al-Hasan, dari ke 3 bentuk pemberdayaan yaitu pemberian pinjaman dana, pengawasan dan pendampingan usaha, terdapat satu model pemberdayaan yaitu pendampingan usaha yang berjalan tidak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh pihak BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Dukun Gresik yang menginginkan bisa menyelesaikan persoalan bisnis nasabahnya dengan cara mendengaran keluh kesahnya kemudian memberikan saran yang dibutuhkan atau memberikan solusi pemecahan masalah, dengan pendampingan usaha yang terjadi dilapangan oleh bagian marketing, yang bagi para nasabah jarang ada diantara mereka yang memberikan saran kepada para nasabah ketika mereka sedang mengalami kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi pihak BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Dukun Gresik agar bisa memperbaiki lagi proses pemberdayaan yang sudah ada terutama sistem pendampingan usaha nasabah UMKM, yang diharapkan agar bisa berjalan efektif seperti tujuan awal yang telah ditentukan, serta jika memungkinkan bisa ditambahkan lagi proses pemberdayaannya seperti adanya program edukasi/pelatihan mengenai promosi yang baik, cara mendapatkan kepuasan pelanggan, dll untuk nasabah, sehingga benar-benar bisa mensejahterakan kehidupan nasabahnya, dan juga mencerdaskan nasabahnya agar mereka bisa secara mandiri memperbaiki perekonomiannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Awalulfitriyahelfajar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitriyah Awalul
Date Deposited: 15 Mar 2017 05:21
Last Modified: 15 Mar 2017 05:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15597

Actions (login required)

View Item View Item