This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Roziqin, Akhmad (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL QUR’AN DAN HADIS KELAS XI MELALUI MEDIA TAMAN BELAJAR TENTANG MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI MA. MA’ARIF 7 BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya Penggunaan media secara kreatif, semakin lengkap sebuah media maupun sarana pembelajaran, maka pembelajarn dituntut harus lebih inovatif yang mampu menjadikan kualitas pembelajaran semakin baik. Pengadaan sebuah taman belajar sebagai sarana tempat belajar siswa, yang jarang dan bahkan masih sangat sulit ditemui dalam sebuah lembaga pendidikan sekarang, akan memperbesar kemungkinan siswa untuk belajar lebih banyak mencamkan apa yang dipelajarinya dengan baik, dan meningkatkan peformance mereka dalam menampilkan keterampilan tertentu sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan demikian, berdasarkan tinjauan dan pertimbangan, penulis ingin mengadakan penelitian dalam rangka mengetahui seberapa besar efektif belajar yang ditimbulkan dari pembelajaran di taman belajar.
Pembelajaran efektif, apabila dapat memfasilitasi pemerolehan pengetahuan dan keterampilan si belajar melalui penyajian informasi dan aktivitas yang dirancang untuk membantu memudahkan siswa dalam rangka mencapai tujuan khusus belajar yang diharapkan.
Penelitian ini jika ditinjau dari sumber data penelitian maka penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan peneletian kualitatif. teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan). Penggunaan data yang berwujud angka juga dimungkinkan terjadi bahkan dimunculkan dalam bentuk tabel atau grafik statistik. Penggunaan angka-angka dalam model penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasilnya lebih menekankan makna daripada generalisasi.
Peranan taman belajar memang sangat besar, melihat dari hasil keseluruhan pertanyan yang diajukan kepada siswa maupun dari hasil nilai yang dicapai, menunjukkan ketuntasan belajar mencapai 84%. Dengan demikian menunjukkan bahwa siswa aktif dalam pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an dan Hadis di Taman Belajar, hasil yang dicapai pun terbilang efektif ataupun baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Damanhuri | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media |
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Pembelajaran Al Qur'an dan Hadist | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2015 02:25 | ||||||
Last Modified: | 07 Apr 2015 02:25 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1562 |
Actions (login required)
View Item |