Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Al Barzanji karya Syaikh Ja'far Al Barzanji

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marzuqi, M. Luthfi Hasan (2017) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Al Barzanji karya Syaikh Ja'far Al Barzanji. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Luthfi Hasan Marzuqi_D01212040 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Problematika akhlak senantiasa mewarnai kehidupan manusia dari masa ke masa. Seiring dengan gelombang kehidupan ini, dalam setiap kurun waktu dan tempat tertentu muncul tokoh yang memperjuangkan tegaknya nilai-nilai akhlak. Termasuk di dalamnya rasul dan utusan Allah SWT, khususnya Rasulullah Muhammad SAW, yang memiliki tugas dan misi utama untuk menegakkan nilai-nilai akhlak. Upaya penegakan akhlak menjadi sangat penting dalam rangka mencapai keharmonisan hidup. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perlu dicari untuk mengetahui nilai-nilai baru mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak dalam suatu kitab, dengan harapan dapat memunculkan pemikiran-pemikiran baru dalam aspek pendidikan akhlak yang terlupakan. Banyak tokoh Muslim yang berbicara tentang pendidikan akhlak ini. Peneliti lebih tertarik pada satu tokoh Muslim yang berbicara tentang terkenal yaitu Syaikh Ja’far Al-Barzanji. Oleh sebab itu penulis mengangkat judul ” Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Barzanji Karya Syaikh Ja’far Al-Barzanji ” dalam pembahasan ini. Peneliti ini mengkaji : pertama, bagaimana nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Barzanji ; kedua, Bagaimana relevansi nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Barzanji dikaitkan dengan konteks kekinian, yang bertujuan Untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam kitab Al-Barzanji, dan Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Barzanji dikaitkan dengan konteks kekinian. Sedangkan penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dan metode yang digunkan dalam menganalisis datanya adalah content analisis (Analisis isi) dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumentasi, dengan menggunakan primer buku Maulid Al-Barzanji, karya Abu Ahmad Najieh. Sedangkan data sekundernya adalah buku-buku lain yang relevan dengan judul skripsi ini. Berdasarkan penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa pemikiran Syaikh Ja’far Al-Barzanji tentang nilai pendidikan berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Al-Barzanji, karya Syaikh Ja’far masih sangat relevan dengan konteks pendidikan akhlak masa sekarang. Nilai-nilai luhur antara lain seperti : kejujuran, kesederhanaan, akhlak dalam pergaulan, birrul walidain (menghormati kedua orang tua), akhlak kepada Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marzuqi, M. Luthfi Hasanbangjuki27@gmail.comD01212040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Keywords: Nilai pendidikan akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marzuqi M. Luthfi Hasan
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:32
Last Modified: 27 Dec 2023 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15673

Actions (login required)

View Item View Item