Nilai nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Talim Mutaallim Az Zarnuji dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhlisin, Hasanul (2017) Nilai nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Talim Mutaallim Az Zarnuji dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasanul Mukhlisin_D01212078 ok.pdf

Download (15MB)

Abstract

Upaya memperbaiki akhlak, moral, dan karakter manusia adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap insan. Itu semua bertujuan agar manusia mencapai tujuan hidupnya, yakni mewujudkan insan kamil(manusia yang sempurna). Akhlak menjadi hal yang pokok bagi manusia, karena itu Rasulullah menyuruh umatnya untuk senantiasa memperbaiki akhlak. Dalam kitab Ta’lim Muta’allim terdapat beberapa nilai pendidikan akhlak yang relevansi dengan nilai pendidikan karakter yang ada di Indonesia, hal ini diharapkan bisa menjadi rujukan bahwa sejak dulu pun ulama’ salaf sudah menggagas pendidikan karakter yang dibahasakan dengan pendidikan akhlak, karena keduanya berbeda akan tetapi mempunyai tujuan dan misi yang sama, yaitu membangun bangsa yang kuat dan bermartabat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif. Tujuan penelitian ini menjelaskan relevansi nilai – nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kitab Ta’lim Muta’allim karya al-Zarnuji dengan pendidikan karakter di Indonesia. Nilai-nilai pendidikan akhlak di dalam kitab Ta’lim Muta’allim adalah Akhlak seseorang harus memiliki niat dalam mencari ilmu, mempunyai sifat tawakkal, wara’, menjaga perilaku dan sunnah Rasul, Akhlak terhadap sesama makhluk untuk menghormati ilmu, Menjaga hubungan baik dan menghormati guru, sabar dan tabah dalam belajar, Bermusyawarah, Akhlak pribadi dalam kesungguhan hati (ketekunan), Akhlak terhadap diri sendiri menyantun diri, memiliki rasa kasih sayang, tidak melakukan pantangan bagi orang yang berilmu. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini bisa memperkaya khazanah keilmuan Fakultas Tarbiyah FTK UINSA dan menjadi terobosan ilmiah yang konstruktif bagi segenap praktisi pendidikan Islam dalam rangka menciptakan satu pola pendidikan yang Islami untuk menjawab tantangan dan perkembangan zaman. Wallahu a’lam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhlisin, Hasanullieshinaje@gmail.comD01212078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mukhlisin Hasanul
Date Deposited: 27 Feb 2017 07:48
Last Modified: 22 Dec 2023 09:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item