PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND (MHM)PADA MATERI SPLDV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviasari, Nur Islami (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND (MHM)PADA MATERI SPLDV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangin oleh fenomena bahwa masih banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran matematika, dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konten mata pelajaran dan kemampuan untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan yang merupakan hal paling mendasar dalam tujuan pembelajaran. Di lain pihak untuk menghindari pembelajaran yang konvesional, dalam pembelajaran guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk aktif belajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Sehingga siswa tidak hanya menguasai sejumlah materi pelajaran, tetapi juga dapat mengembangkan gagasan dan ide-ide berdasarkan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran yang tepat dengan tujuan tersebut adalah pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi Mathematical Habits of Mind (MHM), yang dapat membantu siswa mengaitkan konten pelajaran dan konteks kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) untuk kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model ADDIE. Terdiri atas lima tahap. Kelima tahap tersebut adalah tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Perangkat pembelajaran terdiri atas RPP dan LKS, dinilai berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Uji coba dilakukan pada 22 siswa kelas VIII-B SMP Baitussalam Surabaya. Data dikumpulkan melalui empat cara, yaitu metode kuisioner (angket), observasi, tes, dan data validasi ahli. Metode kuisioner untuk mengetahui respon siswa. Metode observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan aktivitas guru. Metode tes untuk mengetahui penilaian hasil belajar siswa. Data validasi ahli untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran dari para ahli. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut : kevalidan RPP berkategori valid (3,75), kevalidan LKS berkategori valid (3,89), masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, aktivitas siswa dan aktivitas guru dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal dengan toleransi 5%), respon siswa memenuhi kriteria sangat baik dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara klasikal 86%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviasari, Nur Islaminurislamioktaviasari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Oktaviasari Nur Islami
Date Deposited: 28 Feb 2017 06:09
Last Modified: 28 Feb 2017 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15752

Actions (login required)

View Item View Item