PENGARUH PEMBELAJARAN INTEGRATIF AGAMA DAN SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ‘ULUM STEP-2 ISLAMIC DEVELOPMENT BANK PETERONGAN JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chotimah, Chusnul (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN INTEGRATIF AGAMA DAN SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ‘ULUM STEP-2 ISLAMIC DEVELOPMENT BANK PETERONGAN JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana penerapan pembelajaran integratif agama dan sains di madrasah? (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik di madrasah? (3) Adakah pengaruh pembelajaran integratif agama dan sains terhadap hasil belajar peserta didik di madrasah? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dikotomi keilmuan, banyak para pemikir yang beranggapan bahwa agama dan sains merupakan dua kutub yang tidak dapat didamaikan. Seolah-seoalah istilah itu bukanlah merupakan satu kesatuan, tidak mempunyai keterkaitan dan terpisah serta harus berdiri sendiri. Oleh sebab itu lahirlah sebuah islamisasi ilmu, dalam hal ini terwujud dalam bentuk pembelajaran integratif agama dan sains sebagai salah satu program unggulan di madrasah dimana dalam mengajarkan sains atau pengetahuan umum dikaitkan dengan dalil naqli yakni dari al-Qur’an dan hadits. Data-data penelitian ini dihimpun dari Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Step-2 Islamic Development Bank Jombang sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena menggunakan dua variabel. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus “r” product moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran integratif termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil angket 41 prosentase responden sebesar 25% dari rentangan 42 – 43. (2) Hasil belajar peserta didik adalah baik. Hal ini berdasarkan analisa hasil prosentase responden 75% pada rentangan 80 – 90 dengan rata-rata 89. (3) Tidak adanya pengaruh pembelajaran integratif agama dan sains terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Ungulan Darul ‘Ulum Step-2 Islamic Development Bank Jombang. Hal ini terbukti ditolaknya Ha dan diterimanya Ho dengan nilai “r” sebesar 0,223 lebih kecil dari “r” tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chotimah, Chusnulchusnulchotimah1994@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chotimah Chusnul
Date Deposited: 28 Feb 2017 06:45
Last Modified: 28 Feb 2017 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15759

Actions (login required)

View Item View Item