This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufidah, Nadiyatul (2017) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS XI DI MA ASSA’IDIYYAH TANGGULREJO MANYAR GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan kegiatan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah sangat membantu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam hal ini peneliti memilih Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Assa’idiyyah dan prestasi belajar aqidah akhlaq sebagai variabel penelitiannya. Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah merupakan bentuk upaya dalam mencetak lulusan yang unggul dan berprestasi disertai iman dan taqwa, sertam mempersiapkan dan membina siswa menjadi ahli ilmu dan ahli khair yang berakhlakul karimah. Berdasarkan paparan di atas, maka permasalahan yang timbul adalah bagaimanakah pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Assa’idiyyah di MA Assa’idiyyah Tanggulrejo Manyar Gresik, bagaimanakah prestasi belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas XI di Madrasah Diniyah Assa’idiyyah Tanggulrejo Manyar Gresik, dan bagaimanakah pengaruh Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Assa’idiyyah terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas XI di MA Assa’idiyyah Tanggulrejo Manyar Gresik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Assa’idiyyah di MA Assa’idiyyah Tanggulrejo Manyar Gresik, kemudian untuk mengetahui prestasi belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas XI di Madrasah Diniyah Assa’idiyyah Tanggulrejo Manyar Gresik, dan yang terakhir adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Assa’idiyyah terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas XI di MA Assa’idiyyah Tanggulrejo Manyar Gresik. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode antara lain adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan menyebarkan angket dengan jumlah responden 24 siswa dan jumlah responden tersebut merupakan populasi dari siswa yang mengikuti kegiatan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Assa’idiyyah. Setelah data diperoleh, maka penulis menganalisanya dengan menggunakan dua teknik analisa yaitu pertama menggunakan analisa persentase untuk jenis data kuantitatif dan yang kedua penulis menggunakan analisa Product Moment untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlaq siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r hitung 0,436 dan termasuk kategori sedang atau cukup (nilai r hitung pada rentang 0,400 – 0,599) yang menunjukkan besarnya hubungan antara kedua variabel.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar | ||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah, Prestasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mufidah Nadiyatul | ||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2017 05:16 | ||||||
Last Modified: | 06 Mar 2017 05:16 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15870 |
Actions (login required)
View Item |