TURUNNYA ALLAH KE LANGIT DUNIA : PEMAHAMAN HADIS DALAM KITAB SUNAN AL TIRMIDHI NO INDEKS 446

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muftimah, Siti Sharifatul (2017) TURUNNYA ALLAH KE LANGIT DUNIA : PEMAHAMAN HADIS DALAM KITAB SUNAN AL TIRMIDHI NO INDEKS 446. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Ilmu tauhid adalah ilmu yang membicarakan tentang akidah atau kepercayaan kepada Allah dengan didasarkan pada dalil-dalil yang benar, Tidak ada yang menyamainya dan tak ada padanan bagi-Nya. Namun dengan adanya hadis tentang turunnya Allah ke langit dunia ini kita bisa menyakini bahwasannya Allah memang benar-benar turun dan Allah SWT itu fana serta tidak ada yang sepadan dengan-Nya. Sehingga dari sini masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kualitas sanad dan matan, kehujjahan hadis tentang turunnya Allah ke langit dunia dalam Sunan Tirmidhi; 2) Bagaimana pemaknaan hadis tentang turunnya Allah ke langit dunia dalam Sunan Tirmidhi; 3) Bagaimana implikasi hadis dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Jadi, pengumpulan data diperoleh dengan meneliti kitab Sunan Tirmidhi dan dibantu dengan kitab standart lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij, kritik sanad dan kritik matan, metode ma’ani serta diperoleh dari hasil penelitian. Dari proses penelitian, didapatkan hasil bahwa status sanad hadis ini adalah sahih, karena sanadnya muttasil dan semua perawinya thiqah. walaupun ada perawi yang bernama Suhail ibn Abi Salih ada yang mengatakan bahwa dia adalah soduq, dan al-Nasa’i mengatakan laisa bihi ba’thun, akan tetapi al-Ijliy mengatakan thiqah. Maka peneliti menggunakan teori al-ta’dil muqoddamun ‘ala al-jarhi, sehingga apabila seorang perawi itu ada yang memuji dan ada juga yang mencelanya, maka yang dipilih adalah pujian atas rawi tersebut. Sedangkan dari segi matannya status hadis ini adalah sahih, karena dalam kandungan matannya tidak ditemukan shadh (kejanggalan) dan ‘illat (cacat). Serta tidak bertentangan dengan hadis yang kualitasnya lebih kuat dan rasionalitas (akal). Sehingga kehujjahan hadis tersebut berkualitas sahih}, akan tetapi hadis ini bisa memenuhi klasifikasi sebagai hadis mutawattir ma’nawi, ditinjau dari banyak jalur sanad. Dengan demikian hadis ini bisa dijadikan hujjah atau landasan dalam pengambilan hukum serta bisa diamalkan. Turunnya Allah ke langit dunia ini bila dikaitkan dengan pendekatan bahasa bermakna hakiki dan masuk dalam tasawuf akhlaqi yang tajalli al-Af’al jika dikaitkan dengan pendekatan tasawuf. Salat malam adalah ibadah yang biasa dikerjakan orang-orang saleh, penghapus kesalahan dan pencegah dari perbuatan dosa. Seseorang yang menginginkan do’anya diijabahi Allah maka ia akan sadar dan mau melaksanakan salat malam dengan ikhlas. Karena salat yang dilaksanakan pada waktu malam dengan khusyu’ akan ridho Allah SWT. Akan mampu meningkatkan terhadap ketahanan tubuh imunolog dan menghilangkan rasa nyeri pasien yang terkena kanker.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muftimah, Siti Sharifatulsiti.syarifahm@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Keywords: Turunnya Allah; Imam Tirmidhi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muftimah Siti Sharifatul
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:01
Last Modified: 15 Mar 2017 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15883

Actions (login required)

View Item View Item