Etika bisnis kaum santri: studi konsep akhlaq muamalah pendidikan pesantren dalam kajian Kitab Ihya’ Ulumuddin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Athoillah, Akh. Yunan (2016) Etika bisnis kaum santri: studi konsep akhlaq muamalah pendidikan pesantren dalam kajian Kitab Ihya’ Ulumuddin. Oeconomicus Jurnal of Economics, I (1). pp. 99-122. ISSN 2548-6004

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Etika Bisnis Kaum Santri.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Akhlak luhur merupakan cerminan etika, hal tersebut merupakan indikator hadirnya agama dalam perasaan masing-masing santri pesantren, dewasa ini pesantren tidak hanya mendidik para santrinya dalam ber-tafaquh fiddin (mumpuni dalam agama), akan tetapi juga ber-tafaqquh fi tujjar (mumpuni dalam berdagang) sebuah konstruk kesadaran santri bahwa fondasi ekonomi (ketrampilan berbisnis) menjadi dasar pengembangan keilmuan yang ia miliki. Pertumbuhan bisnis santri dewasa ini diprediksi salah satunya lantaran kepercayaan masyarakat terhadap insan santri yang dikenal memegang teguh etika, dasar berpikir etik ala santri dalam dunia bisnis inilah yang disebut sebagai konsep akhlaq muamalah santri. Hal tersebut tak lepas dari pembelajaran akhlaq dari sang kiai kepada para santri, setidaknya melalui media pembelajaran kitab induk akhlaq karya Ghazali yaitu Ihya’ ulumudin, dari kitab tersebutlah kemudian beberapa pokok pemikiran Ghozali menjadi dasar pemikiran dan pandangan kaum santri dalam menerapkan etika dalam berbisnis, Adapun pokok padangan etika bisnis itu tertuang dalam ihya’ tentang modal berbisnis, dimana modal tersebut tidak hanya harta, dan pengetahuan berniaga, akan tetapi agama harus pula menjadi modal dalam berbisnis. Dan untuk mencapai target maksimal dalam berbisnis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Athoillah, Akh. Yunanyunan.athoillah@gmail.com2005018101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Dagang
Ekonomi Islam
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Dirasah Islamiyah
Pendidikan Islam
Pesantren
Pemikiran
Etika
Tasawuf
Islam dan Kapitalisme
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Akh. Yunan Athoillah
Date Deposited: 29 Mar 2017 06:43
Last Modified: 21 Sep 2021 13:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15910

Actions (login required)

View Item View Item