Meraba Wajah Global Salafi Jihadi: sublimasi dialektis “Wahabisme–Qutubisme” dan tatangan masa depan perdamaian dunia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Athoillah, Akh. Yunan (2011) Meraba Wajah Global Salafi Jihadi: sublimasi dialektis “Wahabisme–Qutubisme” dan tatangan masa depan perdamaian dunia. In: Diskusi kelas Program Doktoral, 2011, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Meraba Wajah Global salafi jihadi.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Hampir seluruh aksi kekerasan yang mengatas namakan Jihad-Agama di belahan dunia, ternyata berkaitan dengan ajaran purifikasi agama, pemaknaan tekstual kitab suci, kebencian atas hal diluar agama. Dalam hal ini terblesit pertayaan benarkah inspirasinya diduga berakar pada ajaran Salafime-wahabisme? atau mungkin pula ajaran Qutbisme?, kelompok-kelopok radikal ini dikenal dengan julukan “salafi-jihadi”. Dalam dunia akademik, “fundamentalism” telah menjadi topik penelitian dan perhatian sejak terbunuhnya Anwar Sadat pada 1981 (Mesir), tetapi hanya sedikit sarjana yang mengkaji Salafism, membiarkannya sebagai fenomena global, dengan pengecualian terhadap kajian Gilles Kepel dan Reinhard Schulze serta kajian-kajian lain sejenis yang muncul sesudahnya. Makalah ini hendak mengkaji, bagaimana kontek sejarah dan perspektif pemikiran dari Salafi-Jihadi? Bagaimana ia menjadi gerakan global? Mengapa mereka begitu radikal dan berpotensi membuat kekerasan global, sebagai ancaman masa depan perdamaian dunia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Athoillah, Akh. Yunanyunan.athoillah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ideologi Politik
Islam
Jihad
Konflik sosial
Dirasah Islamiyah
Toleransi Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Makalah
Depositing User: Akh. Yunan Athoillah
Date Deposited: 27 Mar 2017 04:32
Last Modified: 27 Mar 2017 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15918

Actions (login required)

View Item View Item