Integrasi-interkoneksi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk kepribadian siswa di Sekolah Menengah Pertama Khadijah 1 Surabaya dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ruhama, Ulfatur (2017) Integrasi-interkoneksi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk kepribadian siswa di Sekolah Menengah Pertama Khadijah 1 Surabaya dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfatur Ruhama_F03214040 ok.pdf

Download (19MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang “Integrasi-Interkoneksi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Kepribadian Siswa di SMPN 4 Surabaya dan SMP Khadijah 1 Surabaya”. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini dalam membentuk kepribadian siswa ialah Pendidik masih belum bisa memahami kondisi psikologis peserta didik saat hendak memulai kegiatan belajar mengajar. Jika hal ini diabaikan oleh pendidik maka sangat sulit untuk menciptakan suasana yang kondusif, efektif, dan efisien. Karena dalam proses kegiatan belajar mengajar bukan hanya sekedar transfer knowledge saja, melainkan juga terjadi perubahan pada peserta didik tersebut seperti halnya adanya pemahaman yang baik dariapa yang sudah disampaikan oleh pendidik serta pendidik masih belum bisa menciptakan proses belajar mengajar yang menjadikan peserta didik terjadi perubahan, baik perubahan dalam hal pengetahuan, perasaan, pemahaman, keterampilan, dan sebagainnya. Karena pendidik masih belum bisa mengetahui, membedakan, merealisasikan tipe belajar tiap-tiap peserta didik yang diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian diharapkan dapat menghasilkan data-data deskriptif. Penelitian ini digunakan untuk meneliti pada kondisi alamiah, dimana peneliti terlibat didalamnya sebagai instrument kunci.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ruhama, Ulfaturrulfatur@gmail.comF03214040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, LilikUNSPECIFIED2010028001
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Keywords: Kepribadian siswa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruhama' Ulfatur
Date Deposited: 20 Apr 2017 06:10
Last Modified: 03 Nov 2023 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15958

Actions (login required)

View Item View Item