Penguatan jiwa kepemimpinan siswa melalui ekstrakurikuler Muhadarah di MA Darul Ulum Karangpandan Rejoso Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfi, Muhammad Khoirul (2016) Penguatan jiwa kepemimpinan siswa melalui ekstrakurikuler Muhadarah di MA Darul Ulum Karangpandan Rejoso Pasuruan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Khoirul Lutfi_F13213153 ok.pdf

Download (16MB)

Abstract

Banyaknya suguhan berita kriminal yang dilakukan oleh para pemimpin dibangsa ini merupakan pekerjaan rumah (PR) bangsa yang berat. Belum lagi kondisi masyarakat yang semakn apatis, rasa emosoinal yang semakin menurun. Maka dari itu peran pendidikan seharusnya dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut. Desain ekstrakurikuler muhadarah di MA Darul Ulum Karangpandan mengalami beberapa pengembangan demi mencoba memberikan jawaban penguatan jiwa kepemimpinan siswa. Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini menjabarkan kegiatan ekstrakurikuler muhadarah berperan aktif dalam penguatan jiwa kepemimpinan siswa. Kegiatan-kegiatan yang menyertai muhadarah seperti diskusi kasus saat pendalaman materi dan bermain peran dalam tampilan muhadarah adalah hal yang membuat siswa lebih menghayati dari isi materi. Sehingga siswa bersikap tanggap atau peka terhadap realita serta lebih ter-arah dalam menentukan sikap sosialnya. Penguatan jiwa kepemimpinan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler muhadarah di Madrasah Aliyah Darul Ulum Karangpandan dilakukan secara integratif, seluruh warga madrasah turut serta mendukung konsep kegiatan tersebut. Dukungan tersebut berupa penanaman kultur madrasah yang simpatik dan moderat, sehingga mengajarkan siswa pada budaya peka terhadap fenomena sosial sekitar. Pelaksanaan ekstrakurikuler muhadarah di MA Darul Ulum Karangpandan dilaksanakan pada akhir pekan efektif dua minggu sekali, atau hari kamis pada pukul 13.00 hingga 14,15 WIB. Dengan beberapa tahapan: pembuatan tema besar dan menentukan sasaran hingga pembagian siswa dalam kelompok-kelompok. Selanjutnya fokus pada pendampingan. Pendampingan berisi tentang penguatan materi, bimbingan diskusi serta evaluasi latihan siswa pra penampilan, sampai pada tahap penampilan. Pelaksanaan ektrakurikuler muhadarah dapat maksimal dilakukan saat tenaga pendampingnya profesional. Karena profesionalitas pendamping muhadarah berdampak positif dalam menguatkan materi dan menjelaskan nilai kepemimpinan siswa di kegiatan muhadarahnya. Selanjutnya prasarana dan perlengkapan penampilan muhadarah juga menjadi pendukung efektifnya penguatan kepemimpinan karena sangat membantu kenyamanan fokus kegiatan siswa. Adapun kendala-kendala pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler muhadarah adalah: jadwal muhadarah yang tidak ditepati karena adanya kegiatan lain berupa agenda insidental lembaga. Juga termasuk penghambat yaitu tenaga pengganti pendamping yang kurang professional, serta kurang lengkapnya sarana misalkan madrasah masih belum mempunyai alternatif kelistrikan saat pemadaman. Sehingga fokus terhadap kegiatan-kegiatan pendampingan yang berkelanjutan dan minat seremonialnya mulai menurun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfi, Muhammad Khoirulcaklute21@gmail.comF13213153
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Subjects: Pengajaran
Kepemimpinan
Keywords: MA Darul Ulum; jiwa kepemimpinan; muhadarah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lutfi Muhammad Khoirul
Date Deposited: 07 Apr 2017 02:33
Last Modified: 13 Nov 2023 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16023

Actions (login required)

View Item View Item