Studi tentang pandangan Ibnu Rusyd terhadap pembuktian kemu'jizatan al Qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marliyana, Marliyana (1995) Studi tentang pandangan Ibnu Rusyd terhadap pembuktian kemu'jizatan al Qur'an. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (449kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16048

Abstract

Al Qur'an adalah kitab suci yang di wahyukan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai rahmatdan petunjuk bagi manusia dalam hidup dan kehidupan. Sebagai kitab suci, Al Qur'an merupakan mu'jizat yang terbesar yang masih dapat kita jumpai, dibaca dan dipelajari sampai sekarang ini bahkan illa yaumil qiyamah. Kebenaran Nabi Muhammad SAW. Beliau itu benar benar seorang Nabi, utusan Allah untuk sekalian umat manusia. Hal ini dibuktikan dengan kebenaran Al Qur'an. Mu'jizat Al Qur'an adalah suatu dalil yang dapat dibuktikan dengan lemahnya kekuatan manusia untuk menandinginya dalam hal balaghahnya. Pada pembahasan ini akan membahas tentang 1). Aspek aspek apa sajakah yang menunjukkan kemu'jizatan Al Qur'an? 2). bagaimana pandangan Ibnu Rusyd sebagai tokoh filosof dalam islam tentang pembuktian kemu'jizatan Al Qur'an? Penelitian ini menggunakan metode kwalitatif yang meliputi metode induktif, metode deduktif dan metode komparatif. Metode induktif yaitu suatu metode yang mengumpulkan data yang bersifat khusus, kemudian diterapkan kepada masalah yang umum kemudian diterapkan kepada masalah yang umum, yang khusus berupa uraian uraian sedangkan yang umum adalah berupa dalil dalil ayat ayat Al Qur'an, hadits hadits dan pikiran pikiran atau pendapat pendapat daripada ilmuwan dan cendikiawan. Metode deduktif yaitu suatu metode yang mengumpulkan data yang bersifat umum kemudian diterapkan kepada masalah yang khusus. Metode komperatif yaitu metode pengumpulan data data dengan membanding bandingkan pendapat para ahli perihal suatu masalah, lalu megambil salah satu daripada pendapat itu untuk dijadikan suatu pegangan. Pandangan Ibnu Rusyd tentang pembuktian kemu'jizatan Al Qur'an adalah Al Qur'an merupakan mu'jizat dari sebagai susunan dan gaya bahasanya, syari'at yang dikandung di dalamnya, mengkhabarkan hal hal yang ghaib dan ilmu dan pengetahuan yang terkandung didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marliyana, Marliyana--UNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Keywords: Ibnu Rusyd; Mu'jizat Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2017 05:11
Last Modified: 08 Dec 2017 10:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16048

Actions (login required)

View Item View Item