Pandangan penziarah terhadap nilai-nilai dakwah pada arsitektur Islam Masjid Agung Demak: studi pelembagaan estetika Islam pada diri seseorang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sobari, Much. Wahyudi (1997) Pandangan penziarah terhadap nilai-nilai dakwah pada arsitektur Islam Masjid Agung Demak: studi pelembagaan estetika Islam pada diri seseorang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (437kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16049

Abstract

Masjid adalah tempat suci bagi umat islam yang dipergunakan untuk bersujud kepada Allah SWT. Dalam meningkatkan rasa iman, islam dan ikhsan sehingga terbina untuk menjadi orang yang taqwa (muttaqin). Masjid sebagai pusat ibadah dan pusat kebudayaan atau muamalah, ini memberikan makna yang sangat luas sehingga terbentuklah berbagai mesjid sebagai pangkal ilmu, iman dan amal. Masjid sendiri merupakan hasil kebudayaan manusia yang mana kebudayaan berasal dari kata sansekerta yang berarti angan angan manusia untuk menciptakan suatu keindahan. Kebudayaan juga merupakan konsep kondisi, fasilitas, proses hasil, ia dapat berwujud ide, kepercayaan tata nilai atau norma tingkah laku atau benda benda kebudayaan. Adapun permasalahan yang akan dibahas disini adalah 1). Apakah ada latar belakang tertentu dari arsitektur masjid agung demak? 2). Bagaimana hubungan antara arsitektur masjid agung demak dengan nilai nilai dakwah islamiyah? 3). Bagaimana pandangan penziarah terhadap kandungan dakwah islamiyah arsitektur masjid agung demak? Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa corak arsitektur masjid agung demak yang oleh wali songo sebagai akulturasi budaya yang diisi dengan nilai nilai dakwah islamiyah sebagai pedoman hidup beragama, yang pada dasarnya tidak lepas dari situasi dan kondisi masyarakat dahulu hingga sekarang yang mampu memberikan pengaruh terhadap pandangan penziarah. Arsitektur masjid demak dengan nilai dakwah yang dikandungnya mampu memberikan pesan dan kesan terhadap penziarah tentang semangat keagamaan mereka, yang sebelumnya kurang mengerti tentang kandungan dakwah masjid agung demak, akhirnya mengerti sehingga tergugah hatinya untuk meningkatkan semangat keagamaan yang terealisasi di dalam bentuk bentuk ibadah, dzikir serta keinginan mereka untuk selalu bisa beribadah di dalam masjid agung demak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sobari, Much. Wahyudi--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Penziarah; Nilai Dakwah; Arsitektur Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Arsip Dakwah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2017 06:55
Last Modified: 08 Dec 2017 10:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16049

Actions (login required)

View Item View Item