Karakteristik orang-orang yang meraih al falah dalam al quran: studi perbandingan Tafsir al Maraghi karya Mustafa al Maraghi dan Tafsir Fi Zilal al Quran karya Sayyid Qutb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilianti, Anisatul Fikriyah (2017) Karakteristik orang-orang yang meraih al falah dalam al quran: studi perbandingan Tafsir al Maraghi karya Mustafa al Maraghi dan Tafsir Fi Zilal al Quran karya Sayyid Qutb. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah tentang metode dan aliran/kecenderungan Tafsir al-Maraghi karya Mustafa al-Maraghi dan Tafsir Fi Zilal al-Qur’an karya Sayyid Qutb, karakteristik orang-orang yang meraih al-falah dalam al-Qur’an menurut kedua tafsir itu serta persamaan dan perbedaan karakteristik orang-orang yang meraih al-falah dalam al-Qur’an menurut tafsir al-Maraghi karya Mustafa al-Maraghi dan tafsir Fi Zilal al-Qur’an karya Sayyid Qutb. Model penelitian ini adalah kualitatif, deskriptif dan komparatif. Jenis penelitiannya termasuk penelitian kepustakaan (library research). Menurut Sayyid Qutb, al-falah adalah suatu kejayaan yang tak dapat diperoleh hanya dengan duduk-duduk saja dengan meneladani perjuangan Rasulullah beserta para sahabatnya yaitu perjuangan yang sangat keras dengan mengorbankan jiwa dan harta. Sedangkan menurut Ahmad Mustafa al-Maraghi, al-falah adalah tercapainya tujuan yang dicita-citakan melalui ilham yang diberikan Allah pada orang-orang yang bertakwa untuk menuju jalan keberhasilan. Al-Qur’an menyebutkan karakteristik orang-orang yang meraih al-falah dengan menggunakan term al-muflihun dan al-muflihin adalah pada tiga belas ayat dalam al-Qur’an, yaitu QS. al-Baqarah (2) ayat 5, QS. Ali Imran (3) ayat 104, QS. al-A’raf (7) ayat 8, QS. al-A’raf (7) ayat 157, QS. at-Taubah (9) ayat 88, QS. al-Mu’minun (23) ayat 102, QS. an-Nur (24) ayat 51, QS. ar-Rum (30) ayat 38, QS. Luqman (31) ayat 5, QS. al-Mujadilah (58) ayat 22, QS. al-Hasyr (59) ayat 9, QS. at-Taghabun (64) ayat 16 dan al-Qashas (28) ayat 67. Penelitian ini mencoba untuk mencari karakteristik orang-orang yang meraih al-falah dengan menggunakan metode tafsir maudu’i (tematik) lalu selanjutnya dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh yaitu dengan membandingkan tafsir al-Maraghi karya Mustafa al-Maraghi dan tafsir Fi Zilal al-Qur’an karya Sayyid Qutb sehingga menemukan persamaan kedua tafsir itu diantaranya bersikap : beriman, bertakwa, amar ma’ruf nahi munkar, beramal baik, jihad dan dermawan. Adapun perbedaannya dalam tafsir al-Maraghi lebih berorientasi pada kebahagiaan dunia dan akhirat sedangkan dalam tafsir Fi Zilal al-Qur’an lebih berorientasi pada kebahagiaan atau kemuliaan duniawi dan sedikit bersifat ukhrawi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilianti, Anisatul Fikriyahalfikri.anz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: al Muflihun; al-muflihin; karakteristik orang-orang yang meraih al-falah; tafsir al Maraghi al Maraghi; tafsir Fi Zilal al Quran Sayyid Qutb
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Aprilianti Anisatul Fikriyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:49
Last Modified: 21 Aug 2017 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16156

Actions (login required)

View Item View Item