Studi analisis terhadap prespektif KH Sahal Mahfudh tentang aids sebagai alasan perceraian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafa’at, Abdul Kholiq (2016) Studi analisis terhadap prespektif KH Sahal Mahfudh tentang aids sebagai alasan perceraian. DARUSSALAM: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam, 8 (1). pp. 35-56. ISSN 1978-4767

[img]
Preview
Text
Hasil Penilaian Sejawat.pdf

Download (851kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/a...

Abstract

AIDS (Acquired Immununo Deficiency Syndrome) yang dipandang sebagai penyakit mematikan dan sebagian orang juga menyebutnya dengan penyakit menjijikkan akhir-akhir ini menjadi bahan kajian dalam kaitannya sebagai alasan perceraian. Dengan menggunakan kajian literatur dari Prespektif KH Sahal Mahfudh menghasilkan kesimpulan bahwa AIDS telah menghilangkan atau setidaknya mengurangi arti penting sebuah pernikahan yang memiliki nuansa sosial dan individual. Pertama, menghilangkan maqshud al-a’zham dari pernikahan yaitu jima’ (istimta’) atau hubungan seksual. Kedua, menjadikan orang menghindar (tanfir) karena ada adh-dharar (bahaya) maupun karena risih. Dalam kondisi semacam ini, salah satu pihak dari pasangan suami-istri mempunyai cacat badan atau penyakit dengan akibat tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami-istri, maka dengan alasan (sudut pandang) ini, agama membolehkan adanya perceraian. Melalui analisis terkait AIDS sebagai alasan perceraian prespektif KH Sahal Mahfudh, diperoleh kesimpulan bahwa KH Sahal Mahfudh sangat terlihat dalam mengedepankan mashlahah, dari sini dapat diketahui bahwa KH Sahal Mahfudh memandang aspek mashlahah sebagai acuan dalam pengambilan hukum dengan mempertimbangkan sosio-kultural dan perkembangan permasalahan yang dihadapi umat sebagai ciri khas pemikiran fiqh sosial namun juga dengan tetap menggunakan nash sebagai dasarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafa’at, Abdul KholiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Cerai Gugat
Hukum Islam
Keywords: AIDS; perceraian; prespektif KH. Sahal Mahfudh
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Users 225 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2017 03:48
Last Modified: 27 Apr 2017 06:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16200

Actions (login required)

View Item View Item