Pengaruh pelaksanaan sholat dhuha berjamah di sekolah terhadap kebiasaan sholat wajib peserta didik di SMA Budi Utomo Prambon

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Yeli Ventika (2017) Pengaruh pelaksanaan sholat dhuha berjamah di sekolah terhadap kebiasaan sholat wajib peserta didik di SMA Budi Utomo Prambon. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan zaman pada saat ini, pendidik tidak hanya harus bisa menguasai tekhnologi, mengupdate ilmu-ilmu pengetahuan, tetapi pendidik juga harus mampu memberikan pegangan terhadap anak didik dengan ilmu-ilmu keagamaan. Mengajak peserta didik untuk lebih mendekatkan diri kepada sang khaliq dengan melaksnakan kebiasaan-kebiasaan baik. Sholat sunnah dhuha sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. karena banyak sekali keistimewaan yang terkandung dalam sholat sunnah dhuha. Sholat sunnah dhuha menurut banyak orang berguna untuk memohon keluasan rezeki. Namun tidak hanya itu, banyak hikmah yang terkandung didalamnya jika kita melaksanakan sholat sunnah dhuha secara istiqomah. Sholat Sunnah dhuha berjamaah yang dilaksnakan di sekolah, sedikit banyak akan membawa dampak dan pengaruh terhadap kebiasaan sholat wajib peserta didik. Skripsi ini dalam penelitiannya bertujuan untuk mengetahui sejauh mana “Pengaruh Pelaksanaan Sholat Sunnah Dhuha Berjamaah di Sekolah Terhadap Kebiasaan Sholat Wajib Peserta Didik di SMA Budi Utomo Prambon”. Berdasarkan tingkat eksplanasi maka penelitian ini termasuk penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lainnya. Dan menurut jenis datanya, penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Adapun skala pengukurannya menggunakan skala Likert, paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma sederhana dimana penelitian ini terdiri dari satu variabel dependent dan satu variabel independent jadi untuk mencari besarnya hubungan X dengan Y digunakan teknik korelasi sederhana. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah 25% dari jumlah keseluruhan peserta didik SMA Budi Utomo Prambon tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 63 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik product moment korelasi sederhana yang kemudian diuji hipotesis dengan menggunakan uji signifikan korelasi product moment yang yang dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% untuk memberikan interpretasi bahwa hipotesisi alternatif diterima atau ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh pelaksanaan shalat dhuha berjamaah terhadap kebiasaan sholat wajib peserta didik di SMA Budi Utomo Prambon. Karena terdapat nilai dari hasil product moment sebesar 0, 810.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Yeli Ventikayeli.ventika@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Ibadah
Keywords: Sholat Dhuha berjamah; sholat wajib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agustin Yeli Ventika
Date Deposited: 27 Apr 2017 08:36
Last Modified: 21 Aug 2017 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16228

Actions (login required)

View Item View Item