Pengaruh bimbingan dan konseling terhadap akhlak peserta didik di MAN 2 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Rofiqoh (2017) Pengaruh bimbingan dan konseling terhadap akhlak peserta didik di MAN 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Arti nilai sebuah akhlak sangat penting di dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini orang dapat dikatakan berakhlak apabila dalam menjalani kehidupan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam konteks Islam, pendidikan bermakna bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah, mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh dan mengawasi berlakunya semua ajaran Islam. Dari makna ini, pendidikan pada hakikatnya merupakan upaya untuk membentuk manusia yang lebih berkualitas. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan. Hal ini sangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pendidikan itu adalah usaha sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi-potensi (bakat, minat dan kemampuan). Kepribadian menyangkut masalah perilaku atau sikap mental dan kemampuan meliputi masalah akademik dan keterampilan. Bimbingan dan konseling tidak hanya berorientasi untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar siswa, tetapi bimbingan dan konseling juga dapat menyentuh aspek perilaku atau akhlak siswa dalam proses pembentukan kepribadian. Oleh karena itulah, penulis melakukan penelitian tentang Pengaruh Bimbingan dan Konseling terhadap Akhlak Peserta Didik di MAN 2 Gresik. Dalam hal ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana bimbingan dan konseling, bagaimana akhlak peserta didik, serta bagaimana pengaruh bimbingan dan konseling terhadap akhlak peserta didik di MAN 2 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier sederhana dan uji signifikansi. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah 1) Interview, 2) Observasi, 3) Dokumentasi dan 4) Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di MAN 2 Gresik cukup baik dalam sisi teknik pelaksanaannya, namun kurang baik dalam hasil implementasinya pada individu peserta didik. Hasil angket menunjukkan bimbingan dan konseling sebesar 50%. Sedangkan akhlak peserta didik di MAN 2 Gresik cukup baik, hal ini bisa dilihat dari angket tentang akhlak peserta didik sebesar 60%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan dan konseling terhadap akhlak peserta didik. Dan korelasi bimbingan dan konseling dengan akhlak peserta didik di MAN 2 Gresik diperoleh 46% dan sisanya 54% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti latar belakang peserta didik, keluarga, lingkungan masyarakat dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, Rofiqohrofiqoh.almuthiah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan Konseling; Akhlak Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rofiqoh Rofiqoh
Date Deposited: 28 Apr 2017 02:51
Last Modified: 28 Apr 2017 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16240

Actions (login required)

View Item View Item