Efektifitas kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El Adzkiya, Saila (2017) Efektifitas kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Manusia berbuat sesuai dari mana ia berasal, maka lingkungan yang membentuk manusia. SMP Negeri 13 Surabaya membuat lingkungannya melalui kegiatannya ekstrakurikuler keagamaan agar mudah untuk membentuk akhlak peserta didik. Maka dari sini awal penelitian bermula yakni tentang efektivitas kegitan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan deskriftif-analisis, dengan menggunakan metode pengumpul data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pertama kegiatan esktrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 13 Surabaya diantaranya banjari, qosidah qiro’ah, tadarus, sholat dhuha, dhuhur, dan ashar berjama’ah, jum’at bersih, peringatan hari besar islam. Dan kegiatan BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) yang diadakan sebagai penunjang pada mapel PAI (Pendidikan Agama Islam), mengenai tujuan yang disusun telah sejalan dengan tujuan dari pendidikan nasional dan petunjuk teknis dan pedoman pembinaan BTA. Materi pembelajarannya ialah cara membaca dan menulis al- qur’an, menghafal surat-surat pendek dan tata cara sholat, dan mengenai aspek akhlak yaitu dengan pemberian nasihat dan menggunakan metode yang disesuaikan dengan guru dan siswa. Kedua, pembentukan akhlak peserta didik di SMP Negeri 13 Surabaya sudah terlaksana melalui berbagai metode yang digunakan, serta didukung oleh factor-faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan akhlak Ketiga jika kegiatan BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) bekerja sendirian dalam membentuk akhlak peserta didik maka belum dikatakan efektiv, karena ada beberapa hal yang belum dilakukan sehingga menghambat pembentukan akhlak peserta didik, diantaranya: kegiatan BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) di SMP Negeri 13 Surabaya ini dilaksankan hanya satu kali dalam seminggu, dan merupakan kegiatan ekstrakurikuler pilihan, mengenai materi yang diajarkan juga sangat kurang mendukung, serta belum terlaksananya metode transinternalisasi yaitu terjadinya komuniakasi dua kepribadian yang masing-masing terlibat secara nyata. Dengan demikian kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 13 Surabaya saling bekerja sama dalam membentuk akhlak peserta didik, sehingga peserta didik yang berakhlakul karimah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El Adzkiya, Saila--D01213048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Kegiatan ekstrakurikuler; keagamaan; pembentukan akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: el Adzkiya Saila
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:25
Last Modified: 17 Sep 2020 12:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16263

Actions (login required)

View Item View Item