Penerapan model sistem Tanggung Renteng dalam meningkatkan partisipasi anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktapani, Sheila (2017) Penerapan model sistem Tanggung Renteng dalam meningkatkan partisipasi anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana penerapan model sistem tanggung renteng di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya dan bagaimana partisipasi anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya dengan adanya penerapan sisterm tanggung renteng tersebut. Data penulisan dihimpun melalui teknik wawancara, dan studi dokumentasi. Menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu analisis yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati sesuai dengan peristiwa sebenarnya. Setelah berbagai data tentang model penerapan sistem tanggung renteng KSPPS MBS Surabaya terkumpul, maka data tentang tanggung renteng akan dianalisis secara deskriptif analitis, yaitu analisis yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari sumber data. Peneliti menggambarkan data-data penerapan model tanggung renteng tersebut apa adanya sesuai dengan peristiwa sebenarnya. Kemudian data tersebut akan diolah dan dianalisis dengan pola pikir induktif yang berarti pola pikir yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti, dianalisis dan disimpulkan sehingga pemecahan persoalan atau solusi tersebut dapat berlaku secara umum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan model sistem tanggung renteng di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya belum diterapkan dengan baik, sehingga nilai karakteristik belum muncul dalam diri anggota kelompok tanggung renteng. Partisipasi anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Muamalah Berkah Sejahtera dengan adanya penerapan model sistem tanggung renteng saat ini justru terus menurun mulai dari tahun 2009 hingga 2016 yang awalnya memiliki 21 kelompok aktif sekarang hanya 5 kelompok yang berjumlah 57 anggota. Dengan selesainya penelitian skripsi ini, dapatlah kiranya penulis memberikan saran KSPPS hendaknya Membuat aturan dan ketentuan baku untuk setiap anggota tanggung renteng, mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan partisipasi anggota yaitu dapat berupa memberikan bonus untuk anggota yang tidak pernah terlambat membayar angsuran. Bisa juga dengan non materi dimana kelompok tanggung renteng selalu diikutsertakan dalam segala keputusan dengan memberikan undangan rapat bulanan dengan agenda perbaikan sistem tanggung renteng yang kurang. Dan memberikan denda atau sanksi bagi anggota kelompok yang melanggar aturan dan ketentuan guna menjaga ketertiban sistem tanggung renteng.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktapani, Sheilasheilaokta4@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Oktapani Sheila
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:45
Last Modified: 28 Apr 2017 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16331

Actions (login required)

View Item View Item