Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El shirazy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maliki, Maliki (2017) Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El shirazy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Novel Api Tauhid merupakan novel yang dikarang oleh Habiburrahman El-Shirazy. Novel ini merupakan novel sejarah ulama terkemuka Turki Utsmani yang lahir pada tahun 1876-1960 M dan dikenal dengan nama Badiuzzaman Said Nursi. Sejarah Badiuzzaman Said Nursi diceritakan melalui dialog intens tokoh yang bernama Fahmi, seorang mahasiswa S2 di Universitas Madinah asal kota Lumajang bersama kawan-kawannya dalam wisata sejarah ke Turki. Fokus penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mencari; 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy, dan 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazi dalam penguatan keimanan peserta didik. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mendeskrisikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy, dan 2) Menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy dalam penguatan keimanan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan untuk pendekatannya, penelitian ini menggunakan pendekatan hermeunetik yang secara sederhananya dapat didefinisikan sebagai kegiatan menafsirkan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat, yaitu pembacaan secara berulang-ulang kali kemudian dilanjutkan dengan pencatatan yang sesuai dengan rumusan masalah. Sedangkan analisis data terdiri dari; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy yaitu; 1) Nilai-nilai akhlak ditanamkan melalui percontohan dan bimbingan kesadaran akan pentingnya menghormati seseorang sesuai kedudukannya menurut Islam, 2) Nilai-nilai aqidah ditanamkan melalui percontohan kehidupan dari alam atau kebesaranc iptaan-Nya, 3) Nilai-nilai ibadah ditanamkan dengan pembiasaan dan bimbingan kesadaran bahwa menjalankan ibadah merupakan kewajiban setiap muslim, dan 4) Nilai-nilai social kemasyarakatan ditanamkan dengan cara saling tolong menolong dan bimbingan kesadaran pentingnya memiliki jiwa social kemasyarakatan, termasuk pentingnya memiliki moral kebangsaan. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Novel Api Tauhid

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maliki, Malikimalikiy44@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Pendidikan
Keywords: Novel Api Tauhid; Nilai pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maliki Maliki
Date Deposited: 02 May 2017 05:39
Last Modified: 02 May 2017 05:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16339

Actions (login required)

View Item View Item