Peningkatan keterampilan bercerita menggunakan media gambar seri siswa kelas III-B MI Ma'arif Pagerwojo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prastika,, Yunita (2017) Peningkatan keterampilan bercerita menggunakan media gambar seri siswa kelas III-B MI Ma'arif Pagerwojo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Ma’arif Pagerwojo menunjukkan bahwa tingkat kemampuan bercerita siswa tergolong kuraang, hanya 35% dari jumlah 30 siswa mencapai KKM yang ditentukan yakni 75. Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana Penerapan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Materi Masa Dewasa Nabi Muhammad SAW pada Mata Pelajaran SKI Kelas III-B MI Ma’arif Pagerwojo? 2)Bagaimana Peningkatan Keterampilan Bercerita Materi Masa Dewasa Nabi Muhammad SAW Setelah Diterapkannya Media Gambar Seri pada Mata Pelajaran SKI Kelas III-B MI Ma’arif Pagerwojo?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan bercerita materi masa dewasa Nabi Muhammad SWA mata pelajaran SKI kelas III-B MI Ma’arif Pagerwojo dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan bercerita masa dewwasa Nabi Muhammad SAW setelah diterapkannya media gambar seri pada mata pelajaran SKI kelas III-B MI Ma’arif Pagerwojo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 kali siklus dan dalam setiap siklus terdapat 4 tahap:1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi, non-tes (Performance), dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan bercerita materi masa dewasa Nabi Muhamad SAW pada mata pelajaran SKI kelas III-B MI Ma’arif Pagerwojo dikategorikan baik. Hal ini didasarkan pada skor aktivitas guru di siklus I 68,47 (cukup) meningkat di siklus II 88,04 (baik), sedangkan aktivitas siswa mendapatkan skor 63,89 (kurang) menjadi 86,11 (baik). Selain itu hasil belajar pada siklus I mendapatkan skor 50% (gagal) dengan nilai rata-rata 70,17 (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 86,67% (baik) dengan nilai rata-rata 84 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prastika,, Yunitayunita.samudra@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Bercerita; Media Gambar Seri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Prastika Yunita
Date Deposited: 03 May 2017 03:08
Last Modified: 03 May 2017 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16356

Actions (login required)

View Item View Item