Praktik pemberian hadiah pada contest photo dalam akun Instagram @violetphotocontest : Studi analisis hukum islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Diska Febriyanti (2017) Praktik pemberian hadiah pada contest photo dalam akun Instagram @violetphotocontest : Studi analisis hukum islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Praktik Pemberian Hadiah Pada Contest Photo Dalam Akun Instagram @violetphotocontest (Studi Analisis Hukum Islam)” merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana praktik pemberian hadiah pada contest photo dalam akun instagram @violetphotocontest dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik pemberian hadiah pada contest photo dalam akun instagram @violetphotocontest.Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti mengumpulkan data melalui beberapa tehnik pengumpulan data, yang terdiri dari teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, pengolahan data dilakukan menggunakan tehnik organizing, editing, dan analyzing. Analisis data ini menggunakan tehnik deskriptif analisis dengan pola pikir induktif yaitu menganalisa data khusus kemudian ditarik suatu kesimpulan yang bersifat umum tentang praktik pemberian hadiah pada contest photo berbayar dalam akun Instagram @Violetphotocontest.Berdasarkan temuan penelitian pada kontes foto yang telah diikuti oleh beberapa pengguna Instagram, dalam praktiknya pemenang yang telah dipilih oleh admin Instagram @violetphotocontest diwajibkan menebus biaya hadiah termasuk ongkos kirim ke alamat pemenang dengan cara mentransfer. Menurut analisis hukum Islam, kontes foto tersebut hukumnya tidak sah, karena terdapat syarat dan rukun yang belum terpenuhi yaitu terjadi adanya ketidakjelasan dalam penilaian dan beberapa peserta yang mengikuti kontes tidak paham bahwa dalam pengambilan hadiah tersebut diharuskan membayar. Sedangkan dalam pemberian hadiah, pada prakteknya pemenang diharuskan mentransfer dana sesuai dengan harga hadiah yang dipilih serta ongkos kirim ke tujuan alamat pemenang dan hadiah akan dikirim oleh admin. Hal tersebut dalam hukum Islam termasuk muamalah yaitu jual beli salam. Kejelasan dalam musabaqah sangat penting agar tidak terjadi kebohongan dan kecurangan dalam penyelenggaraannya. Seharusnya sebuah hadiah tidak memiliki kewajiban untuk ditebus dalam pemberiannya. Jika dalam pemberian hadiah terdapat transaksi diantara kedua belah pihak maka hadiah tersebut merupakan proses jual beli.Penulis menyarankan kepada pihak admin akun Instagram @violetphotocontest dalam menyelenggarakan sebuah kontes foto sebaiknya sesuai dengan hukum Islam. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan kejelasan mengenai bagaimana mekanisme penentuan pemenang. Penulis juga menyarankan kepada pihak peserta kontes foto akun Instagram @violetphotocontest agar terlebih dahulu membaca tata cara mengikuti kontes foto tersebut. Hal tersebut dilakukan supaya tidak terjadi kesalahpahaman dan kerugian diantara pihak penyelenggara dan peserta lomba dalam mengikuti kontes foto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Diska Febriyantidissfeb@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Judi, Perjudian
Keywords: Hadiah; lomba; instagram
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Diska Febriyanti
Date Deposited: 02 May 2017 05:10
Last Modified: 02 May 2017 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16378

Actions (login required)

View Item View Item