Problematika internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam anak Mustadh’afin: studi kasus di Kampung Baru Strenkali Jagir Wonokromo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Amalia (2017) Problematika internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam anak Mustadh’afin: studi kasus di Kampung Baru Strenkali Jagir Wonokromo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai Pendidikan islam pada anak pertama kali didapatkan dari lingkungan keluarga dan komponen yang utama adalah orangtua, namun tidak hanya itu, dalam proses internalisasi nilai-nlai pendidikan islam, lingkungan juga akan mempengaruhi keagamaan anak, jika pendidikan orang tua yang rendah, keadaan ekonomi yang minim, sehingga membuat mereka tergolong kaum Mustadh’afin (kaum yang lemah dan tertindas), serta lingkungan sangat kurang menunjang bagi perkembangan nilai-nilai pendidikan islam, akhirnya akan banyak problem yang terjadi, dalam proses internalisasi tersebut, baik yang dilakukan oleh orang tua, maupun proses yang terjadi dalam lingkungan dimana anak tersebut tinggal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang bersifat deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui problematika internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam yang dihadapi orang tua dan dalam masyarakat dalam hal ini adalah komunitas belajar yang ada di Kampung Baru Strenkali Jagir Wonokromo. Aspek – aspek yang menjadi fokus adalah: (1) Apa saja Problematika Internalisasi nilai-nilai pendidikan islam anak Mustadh’fin ? (2) Upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi problematika Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam anak Mustadh’afin? Untuk menjawab kedua permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: (1) Editing, (2) Pengorganisasian data, (3) Analysing, (4) Reduksi data. Sedangkan untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan uji coba kredibilitas dengan cara: (1) Ketekunan pengamatan, (2) Triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) kompleknya problem internalisasi nilai-nilai pendidikan islam di Kampung Baru Strenkali jagir. Dari masalah ekonomi,pendidikan orang tua, rendahnya motivasi, lingkungan masyarakat yang kurang religius, adanya misi kristenisasi, serta kurangnya relawan pendidik yang peduli terhadap nasib anak-anak di Kampung Baru Strenkali jagir tersebut. (2) . Pada penelitian ini disimpulkan bahwa upaya yang adalah penyadaran penuh kepada para warga sebagai orang tua, dan juga pihak-pihak lainnya yang terkait agar lebih peduli terhadap nilai-nilai islami msyarakat pinggiran, khususnya generasi masa depan yaitu anak-anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Amaliaamlia.utami1994@gmail,comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Problematika; nilai-nilai pendidikan Islam; anak Mustadh’afin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Utami Amalia
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:32
Last Modified: 24 Aug 2017 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16383

Actions (login required)

View Item View Item