Peningkatan motivasi belajar IPS materi kegiatan jual beli melalui metode Joyfull Learning pada kelas 3 MI Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Ma'rifatun (2017) Peningkatan motivasi belajar IPS materi kegiatan jual beli melalui metode Joyfull Learning pada kelas 3 MI Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial untuk tingkat sekolah sangat erat kaitanya dengan bidang disiplin ilmu-ilmu yang lain. Oleh karena itu, Ilmu Pengetahuan Sosial atau yang disingkat IPS, di tingkat sekolah pada dasarnya bertujuan untuk mempersiapkan para peserta didik menjadi warga Negara yang menguasai pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang dapat digunakan sebagai kemampuan untuk memecahkan suatu masalah pribadi atau masalah social serta kemampuan mengambil suatu keputusan dan partisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan agar menjadi warga negara yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang dengan menggunakan metode Joyfull Learning. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi dan lembar observasi guru dan siswa. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas III MI Al Mursyidah Mancilan Mojoagung, sedang kan objek penelitian tindakan kelas ini adalah motivasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Joyfull Learning dalam proses pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa. Presentase yang dilakukan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS selama dua siklus. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan persentase rata-rata motivasi belajar dari prasiklus yaitu 37% termasuk kedalam kategori kurang, pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat yaitu 60% masuk kedalam kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 80% masuk kedalam kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Ma'rifatunnisamarifatun6@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Jayfull Learning; motivasi belajar; IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa' Ma'rifatun
Date Deposited: 03 May 2017 03:16
Last Modified: 03 May 2017 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item