Problematika pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Wlingi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iasha, Novi Roosvita (2017) Problematika pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Wlingi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Kurikulum 2013 di MAN Wlingi ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dan problematika pembelajaran yang berasal dari guru dan siswa, khususnya yang terjadi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Wlingi. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mencari upaya dalam mengatasi problematika yang ada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sebagai pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi.Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Wlingi menggunakan metode diskusi, ceramah, dan tanya jawab. Adapun problematika pembelajaran yang dihadapi guru, yaitu penggunaan RPP, penentuan media, penentuan metode, keterbatasan sumber belajar, pengelolaan kelas, heterogenitas peserta didik, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan problematika yang dihadapi siswa, yaitu pembelajaran di akhir jam pelajaran, minat siswa, kondisi kelas, dan kesulitan belajar. Beberapa upaya untuk mengatasi problem yang dialami guru, yaitu sharing bersama guru lain, mengikuti pelatihan-pelatihan, mencari sumber belajar lain, membentuk kontrak pembelajaran, menjalin kerja sama dengan pihak lain, melakukan pendekatan-pendekatan kepada siswa. Sedangkan upaya untuk mengatasi problem yang dialami siswa, yaitu guru membangkitkan semangat siswa, guru melakukan pembelajaran yang bervariasi, membentuk tim disiplin, mempelajari materi sebelum diterangkan, membentuk kelompok belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iasha, Novi Roosvitanoviroosvita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Problematika pembelajaran; sejarah kebudayaan Islam; kurikulum 2013
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iasha Novi Roosvita
Date Deposited: 03 May 2017 02:13
Last Modified: 03 May 2017 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16528

Actions (login required)

View Item View Item